HOME
Home » Pengalaman Pribadi » Memasak - instagram @amy_housefp » Mengapa Harus Belajar Memasak? Apa yang didapatkan dari Belajar Memasak?

Mengapa Harus Belajar Memasak? Apa yang didapatkan dari Belajar Memasak?

Posted at April 28th, 2017 | Categorised in Pengalaman Pribadi, Memasak - instagram @amy_housefp

Belajar memasak, haruskah? Mengapa harus bisa memasak meskipun masakan yang sederhana? Apa yang didapatkan dari belajar memasak? Setelah mengalami pelajaran hidup dari Nenek yang sangat kami cintai, akhirnya dapat menjawab semua keraguan saya terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut. Yuk simak terus yaaa …

Apa yang didapatkan dari MemasakSejak Ibu saya meninggal akibat kanker, maka sekarang memasak menjadi kewajiban saya. Kewajiban? Iya kan saya seorang isteri, lalu siapa lagi yang bisa diberi tugas memasak kalo bukan saya? Pembantu? Bisa juga sih tapi pembantu juga sekarang sulit lho, mereka lebih suka bekerja di pabrik dengan standard UMR yang tinggi. Jadi mau bagaimana lagi, suka tidak suka maka saya harus memasak. Awalnya seperti itulah motivasi saya memasak semenjak kepergian Ibu saya.

Awalnya saya hanya berpikir untuk “mengambil alih tongkat marathon” yang selama ini dilakukan oleh Ibu, maka sekaranglah giliran saya memasak.

Namun ternyata, selama menjalani proses belajar memasak menyadarkan saya arti memasak dengan cinta, seperti teladan yang sudah dilakukan oleh Ibuku tersayang …

Mengapa harus belajar Memasak? Apa yang didapatkan dari Memasak?

1. Memasak untuk keluarga, Membuat Keluarga dekat dan harmonis. Duduk bersama sekeluarga di meja makan, saling bercerita tentang kegiatan sehari-hari, membuat keluarga sangat nyaman dan dekat satu sama lain. Makan bersama diluar rumah juga bisa dong? Sekali-kali boleh untuk menyegarkan suasana, tapi meja makan di rumah dapat menyatukan seluruh keluarga kita lho … buktiin deh kalo ngga percaya keajaibannya hehehe … apalagi pada hari libur jika memasak bersama seluruh keluarga, dijamin seru dan asik lho …

2. Memasak untuk keluarga, Membuat kita disayangi oleh anak-anak dan suami kita, puas banget lho saat mereka mengatakan “Wah masakan ibu uenak lho, mirip dengan menu chicken katsu dari restoran XXX” kita merasa sangat dihargai, diterima dan disayangi oleh seluruh keluarga.

3. Memasak dengan rutin dan teratur, berarti Menjaga Kesehatan seluruh keluarga. Mempersiapkan bahan-bahan untuk dimasak, tentu kita akan memilih bahan yang segar, berkualitas dan bergizi, lalu memasak dengan benar memastikan kualitas makanan adalah sehat. Jika kita terlalu banyak makan diluar, kita tidak pernah tahu kesegaran bahan-bahan yang mereka gunakan, berapa banyak MSG yang dimasukkan, atau bagaimana higienis nya proses memasak mereka. Belum lagi perlu diwaspadai banyaknya kasus Hepatitis jika terlalu sering makan diluar, kebersihan alat-alat makan yang digunakan oleh banyak orang, kita tidak tahu seperti apa higienisitasnya.

4. Memasak Membantu Mengurangi Pengeluaran Rumah Tangga (= lebih hemat). Saat pertama kali belajar memasak, terjadi trial and error, banyak bahan-bahan dapur yang terbuang … yang gosong lah, terlalu banyak memberi tepunglah, kebanyakan telur lah, keasinan tidak bisa dimakan, membeli macam-macam kecap dan bumbu masak tapi bingung mau masak apa, dll. Untuk menjadi sukses diperlukan semangat dan pengorbanan. Demikian juga jika kita ingin pandai memasak (sukses), bukan hanya semangat saja yang diperlukan, namun perlu juga berkorban bahan-bahan dapur sangat mungkin terjadi. Kurangnya pengalaman membuat boros di awal belajar memasak, namun tetaplah semangat … asal ada kemauan maka seiring waktu keahlian memasak kita pasti meningkat, dan kita akan menjadi orang yang ahli mengatur uang belanja (hemat). Baca juga tips memasak agar hemat

5. Bukan tidak Mungkin pada level Advance, jika kita sudah jago banget memasak, kita bisa Membuka Usaha Kuliner lhooo … apalagi jika dalam proses belajar, ternyata kita malah menemukan bahwa memasak is my passion. Kuliner kan bisa macam-macam, mulai dari kudapan/cemilan, minuman, ataupun makanan berat (main dishes), tinggal pilih usaha kuliner yang sesuai selera masing-masing.

6. Memasak dapat Meningkatkan Kreativitas. Dengan terus belajar memasak, maka kita dapat mencoba berkreasi sendiri berbagai menu favorit keluarga. Mix and match sesuai selera kita sekeluarga, dan sesuai bahan yang tersedia di kulkas. Misal anak-anak tidak suka pedas, maka membuat sambal tidak pedas, mirip saos yah bukan sambal hehehe.

Kini sudah tidak perlu ragu lagi kan mengapa kita harus belajar memasak? Ternyata ada banyak hal yang bisa didapatkan dari memasak. Yuk mulai memasak … menu apa ya hari ini?