Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
HOME
Home » Pengalaman Pribadi » Jangan Sedih! Tips dan Cara Mengisi Liburan di Rumah

Jangan Sedih! Tips dan Cara Mengisi Liburan di Rumah

Posted at July 14th, 2016 | Categorised in Pengalaman Pribadi

cara mengisi liburan di rumahUntuk Anda yang saat ini tidak memungkinkan untuk liburan ke luar kota ataupun ke luar negeri, yuk simak tips dan cara mengisi liburan di rumah, agar Anda tidak terlarut dalam kesedihan.

Liburan di rumah saja? Tidak pergi kemana-mana? Oh no … sedihnya hatiku …

Pernahkah Anda merasa sedih karena liburan tidak pergi kemana-mana alias di rumah saja? Biasanya perasaan sedih saat liburan karena keuangan yang kurang bagus. Ditambah lagi mendengar teman-teman atau saudara-saudara di sekitar kita pergi berlibur keluar kota bahkan ke luar negeri, aduh makin merana jadinya …

Apalagi untuk Anda yang terbiasa bepergian ke luar negeri saat liburan kemarin-kemarin, tentu merasa iri dan sedih jika suatu saat tidak memungkinkan bepergian karena kondisi keuangan.

Mungkin berbeda jika alasan tidak pergi liburan karena sakit. Orang sakit tentu memerlukan istirahat yang cukup, liburan masih bisa ditunda saat sudah pulih kesehatannya.

Nah untuk Anda yang saat ini liburan tidak kemana-mana karena tidak memungkinkan untuk bepergian, ada beberapa tips di bawah ini yang dapat mengobati luka hati Anda :

1. Positif thinking dan Belajar Mengucap Syukur
Saat sedih dan iri melihat orang lain bisa pergi berlibur memenuhi pikiran Anda, segera buang pikiran negatif tersebut, lalu mengisinya dengan pikiran-pikiran positif. Coba lihat sekeliling Anda dan pikirkan, masih ada banyak sekali orang-orang di sekeliling kita yang jauh lebih malang nasibnya daripada kita lho. Ibu-ibu penjual sayur di pasar, tukang beca, asisten rumah tangga, dan masih banyak lagi orang-orang yang bahkan memikirkan liburan pun tidak sempat. Bagaimana mau liburan kalau biaya untuk makan saja tidak cukup? Karena itu kita harus belajar mengucap syukur meskipun saat ini liburan tidak kemana-mana, jangan menoleh keatas terus … awas kepala puyeng, sekali waktu kita harus melihat ke bawah supaya kita memiliki pikiran positif dan belajar untuk mengucap syukur.

2. Jangan terlalu update Media Sosial
Untuk menghilangkan perasaan sedih karena liburan hanya bisa di rumah saja, jangan terlalu banyak membaca status bbm, facebook, instagram, whatsapp, dan medsos lainnya. Kenapa? Anda akan merasa semakin iri dan sedih saat teman-teman dan saudara-saudara mengupdate foto-foto terbaru mereka saat liburan. Cobalah sekali-sekali liburan tanpa Hp atau Android … tenangkan diri Anda dan menikmati rileks di rumah tanpa diganggu notifications dari handphone Anda.

3. Isilah liburan di rumah dengan kegiatan yang Anda Sukai
Saat hari biasa mungkin Anda sibuk bekerja, atau bahkan merasa rutinitas yang membosankan dan melelahkan, pasti tidak sempat melakukan hal-hal yang Anda sukai. Mungkin hal pertama yang menjadi kegiatan favorit Anda saat liburan adalah travelling. Jangan kecil hati, cobalah memikirkan kegiatan favorit lain selain travelling, yang juga menjadi kesukaan Anda. Memasak misalnya, mumpung banyak waktu luang cobalah resep-resep baru agar Anda makin handal memasak. Menonton drama korea wkwkwk … ada banyak sekali drama korea atau film-film action bahkan film komedi yang bisa menghibur Anda selama liburan di rumah. Berkebun, melukis atau menulis cerita? Let’s do it … buatlah sibuk diri Anda dengan kegiatan yang tidak sempat dilakukan saat hari biasa.

4. Memikirkan Rencana Bisnis
Jika kita berpikir positif, pasti kita setuju bahwa liburan kali ini di rumah tidak apa-apa, disyukurin aja … yuk kita mulai membuat planning ke depan, untuk mengatasi kondisi keuangan yang kurang baik, sebaiknya melakukan apa ya? Jika kita sebagai karyawan, kira-kira ada usaha sampingan apa ya yang bisa kita lakukan selain pekerjaan utama kita. Atau jika kita seorang pebisnis, peluang usaha apa yang bisa dikerjakan for next time. Perlukah kita menambah keahlian dengan mengikuti kursus-kursus untuk pengembangan potensi diri? Atau cobalah googling siapa tahu Anda bisa menemukan peluang usaha lewat internet yang bisa dilakukan di rumah.

5. Isi liburan dengan mengikuti Kursus
Jangan kecil hati saat kondisi keuangan tidak memungkinkan kita travelling saat liburan, cobalah mencari kursus-kursus yang sesuai dengan kesukaan Anda. Siapa tahu dengan menambah keahlian diri, Anda bisa menemukan peluang usaha lebih baik dari sekarang. Kursus melukis, kursus menjahit, memasak, make-up, kursus internet marketing, membuat kue, dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa Anda cari di kota Anda.

6. Ciptakan quality time dengan orangtua dan anak
Jika Anda saat ini masih memiliki orangtua, ajaklah mereka makan atau pergi ke tempat-tempat yang disukai mereka tak jauh dari rumah. Masakkan menu-menu baru untuk papa mama dan anak-anak tercinta. Sekalipun liburan hanya di rumah, bukan berarti keintiman dalam keluarga tidak bisa diciptakan. Family is the best things in everywhere and everytime.

7. Perbanyak ibadah
Saat memiliki waktu luang ketika liburan di rumah, sebaiknya kita lebih banyak berdoa, mendekatkan diri kepada Tuhan. Karena sumber kekuatan dan penghiburan kita hanya Tuhan Sang pencipta. Dia tidak pernah berjanji untuk memberikan jalan mulus terus untuk masalah keuangan kita, atau cuaca cerah setiap hari. Terkadang kita harus mengalami jalan yang berbatu-batu terjal, kesulitan hidup, maupun badai hidup. Tapi Tuhan berjanji untuk memberikan kita kekuatan dan penghiburan dalam menjalani kehidupan ini, jika kita mau selalu taat dan setia menjalankan semua ajaran serta perintahNya.

Semoga setelah membaca tips mengisi liburan di rumah tadi, dapat meringankan perasaan Anda untuk segera bersemangat melakukan hal-hal bermanfaat dalam liburan kali ini. Happy Holiday! Be happy always everywhere and everytime!