HOME
Home » Pengalaman Pribadi » Cara Memulihkan / Mengatasi Handphone Android Samsung Galaxy Note 3 yang Boot Loop (Rusak – Layarnya hanya tulisan Samsung saja) – Factory Reset

Cara Memulihkan / Mengatasi Handphone Android Samsung Galaxy Note 3 yang Boot Loop (Rusak – Layarnya hanya tulisan Samsung saja) – Factory Reset

Posted at September 26th, 2017 | Categorised in Pengalaman Pribadi

Cara Memulihkan / Mengatasi Handphone Android Samsung Galaxy Note 3 yang Boot Loop (Rusak – Layarnya hanya tulisan Samsung saja) – dengan Factory Reset

Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman sendiri, yaitu Handphone Android Samsung Galaxy note 3 yang tiba-tiba layarnya hanya muncul tulisan Samsung tapi tidak bisa diapa-apakan lagi. Saya kira Hp nya hang, tapi dicoba restart dan lepas batre tetap tidak bisa.

Ternyata hal yang terjadi pada Android saya itu biasa disebut BOOT LOOP.

Dan pertanyaan-pertanyaan berikut langsung saya tanyakan ke toko handphone yang biasa melakukan reparasi Handphone di Summarecon Mall Serpong (SDC) Tangerang.

Apakah Boot Loop itu?

Boot Loop adalah Masalah pada piranti lunak Android yang ditunjukkan dengan tanda-tanda berupa kegagalan untuk masuk ke dalam sistem, ciri khasnya perangkat hanya menampilkan logo Android atau vendor secara berulang-ulang.

Apakah hanya Samsung saja yang sering mengalami Boot Loop?

Tidak hanya Samsung, tapi semua Android bisa saja mengalaminya.

Mengapa terjadi Boot Loop pada Android?

Terlalu banyak aplikasi di dalam Android (ini info dari toko handphone di SDC), atau pemakaian data yang melebihi kapasitas.

Bagaimana Cara Mengatasi Boot Loop?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, ijinkan saya lebih dahulu ingin menceritakan pengalaman cara mengatasi boot loop yang kemarin saya lakukan.

Karena menginginkan proses cepat tanpa ribet, saya bawa Samsung Note 3 ke Toko Handphone di SDC, lalu pemiliknya mengatakan kenyataan pahit berikut ini, berdasarkan pengalaman dia menangani Boot Loop pada Android :

1. Kemungkinan bisa pulih dari boot loop adalah 50:50
2. Kemungkinan boot loop ini yang kena adalah software eMMC (Embedded Multi-Media Controller)
3. Dari pengalaman dia menyelesaikan boot loop dari berbagai android 70% nya gagal (tidak bisa pulih)
4. Proses pengerjaannya sekitar 1 jam an untuk diperbaiki
5. Biaya perbaikan 100rb, tapi kalau tidak berhasil dipulihkan saya hanya perlu membayar 50rb untuk penggantian tombol power yang masuk ke dalam body handphone (tombol Samsung saya mendelep).

Dengan tekad bulat plus nekad, saya mau menjajal segala kemungkinan yang sudah disebutkan oleh pemilik toko. Toh nggak diapa-apain Hp ini tetap rusak juga. Kita kan harus selalu berpikir positif meskipun belum tau bagaimana hasilnya nanti.

Setelah 1 jam berlalu, dengan penuh dag dig dug saya pun menjemput Samsung galaxy note 3, dan ternyata … boot loop gagal diperbaiki. Hanya tombol power saja yang dibenerin seharga Rp 50.000,-

Lalu apakah boot loop tidak dapat diperbaiki? Ternyata bisa lhoooo … suamiku sungguh hebat hanya dengan belajar melalui Om Google, ternyata boot loop pada android Samsung note 3 bisa diatasi.

Bagaimana Cara Mengatasi / Memperbaiki Boot Loop pada Android Samsung Galaxy Note 3 ?

Sejujurnya suami baru 3x berhasil memulihkan boot loop, dan ketiganya pada Samsung Note 3, jadi untuk Android tipe lain mungkin bisa mencari tau cara nya melalui Om Google yah.

Berikut Step by Step / Langkah-langkah Cara Mengatasi Boot Loop pada Samsung Galaxy Note 3 dengan factory reset berdasarkan pengalaman sendiri :

1. Sebaiknya batre handphone terisi 75% supaya proses perbaikan tidak terputus, jika saat boot loop batre nya pas habis, bisa sambil dicas atau colok power bank, untuk melakukan pemulihan dengan factory reset.

prepare batre jangan sampai habis saat proses factory reset

2. Handphone Keadaan OFF, lalu tekan 3 tombol BERSAMAAN, yaitu tombol : POWER (kanan) + Volume Up (kiri atas) + HOME (bawah tengah). Harus ditekan BERSAMAAN ya tiga tombol tadi.

Bisa lihat video berikut sebagai panduan …

3. Tampilan layarnya menjadi seperti berikut setelah ditekan bersamaan :

setelah pencet 3 tombol pilih factory reset

Lalu pilih “Wipe data/factory reset” dengan menurunkan kursor ke bawah menggunakan tombol volume (sebelah kiri), lalu pencet tombol POWER (kanan) sebagai fungsi OKE pada pilihan tersebut.

4. Lalu akan muncul halaman seperti ini pada layar :

Pilih Yes – delete all user data

Pilih “Yes – delete all user data” menggunakan tombol VOLUME untuk menurunkan kursor dan POWER untuk fungsi oke.

5. Setelah itu akan seperti ini yang muncul pada layar :

pilih paling atas reboot system now

Pilih yang paling atas yaitu “Reboot system now” menggunakan tombol POWER.

6. Berikutnya kita harus menunggu sekitar 3-5 menit sampai keluar tulisan Samsung, seperti ini :

setelah ditunggu keluar tulisan samsung

Setelah muncul tulisan Samsung, tunggu lagi 3-5 menit lagi ya sabar.

7. Setelah tulisan Samsung di tengah seperti saat boot loop (no. 6 diatas), berikutnya akan keluar tampilan seperti berikut :

samsung selamat datang

Ini pertanda proses mengatasi boot loop sudah berhasil dengan sukses, yeayyy.

8. Isi data-data yang diminta seperti bahasa apa yg dipilih, sampai pada tampilan insert sim card seperti ini jika saat proses boot loop tidak ada sim card di dalamnya :

insert simcard

Bagian ini diskip aja boleh.

9. Selanjutnya EULA & Diagnostic Data >> Centang di tengah yang ada I understand and agree bla bla bla >> pilih YES di bagian bawah, lalu NEXT.

eula and diagnostic data

10. Skip account setup? Skip ajah.

skip account setup

Suami saya bilang, proses ini namanya proses factory reset, hahaha kok ternyata suamiku lebih hebat daripada toko handphone di SDC ya wkwkwk … rajin pangkal pandai, adalah peribahasa yang sangat cocok untuk hal ini, karena itu rajin-rajinlah membaca om Google biar pandai spt suamiku hahaha …

Demikian sharing pengalaman saya tentang bagaimana mengatasi boot loop pada Android dengan factory reset. Semoga bermanfaat.