Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
HOME
Home » Pengalaman Pribadi » Memasak - instagram @amy_housefp » Belajar Memasak Dimulai dari Mana ya? Bagaimana agar kita Suka Memasak? Tips Memasak Cepat dan Mudah

Belajar Memasak Dimulai dari Mana ya? Bagaimana agar kita Suka Memasak? Tips Memasak Cepat dan Mudah

Posted at May 2nd, 2017 | Categorised in Pengalaman Pribadi, Memasak - instagram @amy_housefp

belajar memasak harus dimulai dari manaTak terasa hari ini sudah 14 bulan sejak saya belajar memasak, sungguh proses dan perjuangan yang tidak mudah untuk saya. Tapi saya sangat bersyukur … karena diberi kekuatan dan sukacita untuk terus memasak dengan cinta untuk keluargaku tersayang, seperti teladan dari kisah hidup nenek

Tahukah Anda, memasak itu sangat menyita waktu dan melelahkan? Belum lagi jika resep yang kita coba gagal, masakan gosong, belum matang, keasinan, hambar, dagingnya masih alot, dll. Udah capek-capek masak, ngga ada yang mau makan, jadilah indomie dan telur sebagai solusinya. Tapi dalam hati sedih rasanya, kenapa dulu saya nggak belajar masak dari Ibu saya ya? Padahal Ibu jago banget memasak … Saya malah sibuk sendiri merawat anak dan melewatkan urusan dapur dengan dalih sesuai tugas dan kesukaan masing-masing. Sekarang baru menyesal … maafkan saya Bu belum sempat memasak yang enak untukmu namun Ibu sudah pergi …

Di awal-awal perjuangan saya memasak, kaki terasa sangat pegal harus berdiri terus, lalu memasak satu menu saja terasa lamaaa banget selesainya. Bisa sukses memasak satu menu saja dan BISA DIMAKAN seisi rumah (mungkin rasanya pas-pas an gitu deh ya) … rasanya senengggggggg banget lho beneran. Hahaha penuh perjuangan kan? Belum lagi perjuangan melawan waktu, awal-awal belajar masak saya tidak bisa menyelesaikan memasak on time dengan jam makan. Misal makan siang kebiasaan kami sekeluarga jam 12.00 nah saat itu masakan saya belum ada yang matang sodara-sodara hik hik hiks … terpaksalah seluruh anggota keluarga bersabar menunggu masakan selesai. Belum lagi jam sarapan anak-anak harus segera ke sekolah, betul-betul perjuangan deh pokoknya. Namun saya tidak akan menyerah …

Belajar memasak harus dimulai dengan tekad dan cinta … yakinlah dengan terus menerus melakukannya, kita pasti bisa.

Berikut adalah sedikit tips dari saya yang pemula dalam dunia memasak, namun sedikit demi sedikit merasakan bahwa memasak sangat asik dan menyenangkan :

1. Banyak-banyaklah Membaca Resep-Resep Menu kesukaan kita di internet, saya biasanya suka membuka cookpad.com, semakin kita banyak membaca resep dan mempraktekkannya, ilmu memasak kita akan bertambah banyak. Hampir semua menu tersedia resepnya di cookpad. Dan untuk saya yang baru pemula, cookpad is my soul mate.

2. Membeli bahan-bahan memasak Jangan terlalu banyak macamnya, karena terlalu banyak bahan di awal belajar masak, menyebabkan kita mudah lupa, dan ada banyak bahan berakhir kadaluarsa. Bahan-bahan dasar yang wajib harus ada dari pengalaman saya adalah : kecap manis, kecap asin, minyak wijen, gula, garam, merica, pala, ketumbar, bawang merah, bawang putih, tepung kanji, terigu dan tepung serbaguna (terserah merk apa saja : sas* atau mamasu*a atau lainnya). Namun seiring waktu, semakin kita banyak memasak maka jumlah bahan akan bertambah dan kita semakin menguasainya.

3. Olah bahan-bahan yang mudah dulu, sambil terus belajar kita akan mengerti mix and match diantara banyaknya bahan-bahan masak yang tersedia di kulkas dan dapur kita. Misal : belajar masak tahu dan tempe. Cobalah untuk mengolah tahu dan tempe menjadi berbagai varian menu. Dari situ kita akan menjadi tertantang untuk mengolah tahu tempe menjadi banyak menu, dari yang mudah sampai yang sulit. Awalnya tahu dan tempe goreng saja, lalu sambal goreng tahu tempe, lalu botok tahu, tahu bacem, sapo tahu, tahu isi, tahu diisi daging, tempe sambal kemangi, dll. Jangan merememhkan bahan yang tahu dan tempe saja, karena dengan cinta dan kesungguhan kita dapat menyulapnya menjadi makanan lezat dan bergizi. Banyak-banyaklah membaca resep untuk bahan tahu tempe tersebut.

4. Jangan mudah bosan dengan bahan yang itu-itu saja, tapi justru perbanyaklah ilmu Memasak dengan membaca dan mencari info, tips dan resep di oom google. Menu-menu variatif akan tercipta dengan bahan yang itu-itu tadi, percayalah … hal ini sudah saya lakukan selama ini … kita akan terlatih untuk berpikir memasak apa ya hari ini, dan kita akan belajar mengolah bahan yang terbatas di kulkas, tanpa harus memboroskan uang dengan alasan kekurangan bahan ini dan itu, yang ujung-ujungnya hanya terpakai sedikit saja bahannya, sisanya kadaluarsa. Sayang sekali, bukan?

5. Untuk Anda yang bener-bener pemula dalam dunia memasak seperti saya, ada tips mudah agar selalu ada makanan di rumah Anda. Misal di kulkas hanya ada terong, mau masak apa ya dengan menu terong? Bukalah cookpad.com lalu ketikkan “TERONG” maka disana akan muncul berbagai menu dengan bahan terong, tinggal dipilih mana yang sesuai selera kita dan disesuaikan bahan-bahan yang tersedia di dapur kita.

6. Memasak terasa lama? Persiapan memasak sangat diperlukan agar memasak tidak terasa lama. Saat pulang dari pasar atau supermarket, segera simpan bahan-bahan dengan posisi siap dimasak. Misal : sayur sawi/sayur kembang dicuci bersih lalu dipotong-potong, disimpan dalam keadaan siap ditumis, bayam atau kangkung, disimpan setelah dipetik dan dicuci bersih, atau ikan laut segera dibersihkan lalu dibumbui bawang putih + kunyit + ketumbar, lalu simpan di freezer. Jadi saat mau masak tinggal goreng aja. Atau bawang putih dan merah, simpan dalam keadaan terkupas (jika kita sering memasak).

7. Bahan-bahan sering mudah busuk? Simpanlah beberapa bahan di FREEZER agar awet dan lebih tahan. Bahan seperti Lombok besar, Lombok kecil, kemiri, bahkan tomat saya menyimpannya di freezer. Lalu simpan bumbu-bumbu masak seperti laos, jahe, kunyit, kencur, serai, dll di kulkas bawah (bukan freezer). Saya merasakan usia penyimpanan menjadi lebih lama dibanding disimpan di suhu ruang. Dengan trial dan error, makin lama kita makin bersabahat dengan bahan-bahan di dapur, kita akan tahu disimpan dimana agar lebih awet.

8. Sekarang sudah jaman modern, ada banyak alat-alat dapur yang amat sangat memudahkan kita memasak, dan mempersingkat waktu memasak. Blender atau chopper bisa menggantikan kegiatan menguleg/menghaluskan bumbu-bumbu, ada bermacam-macam jenis blender yang dapat dipilih sesuai keperluan. Panci Presto dapat mengempukkan daging dalam waktu singkat, atau slow cooker dapat kita siapkan malam sebelum tidur, sehingga pagi hari sarapan sudah siap disantap. Dengan berbagai alat dapur modern, Memasak menjadi lebih cepat dan menyenangkan.

Ternyata belajar memasak dapat membuat seluruh keluarga happy lho, coba simak mengapa kita wajib belajar memasak. Dan semoga setelah membaca pengalaman saya yang newbie dalam dunia memasak, Anda semua dapat lebih senang memasak tanpa harus bertanya-tanya lagi, Belajar Memasak Dimulai dari Mana ya? Bagaimana agar kita Suka Memasak? karena saya yakin semua pasti bisa memasak asalkan memiliki cinta dan mengasihi keluarga. Selamat Memasak yaaa …