Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Bagaimana Cara Menemukan Passion Saya?

arti kata passion adalahBagaimana cara menemukan passion saya? Memerlukan perjalanan panjang dan ketekunan untuk menemukan passion, sudahkah saya bekerja sesuai passion? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu mengetahui lebih dahulu apa itu passion, penyebab seseorang belum menemukan passionnya, dan bagaimana cara menemukan passion kita.

Perjalanan panjang menemukan passion bukan sesuatu yang instan. Memerlukan proses dan waktu. Setelah mengetahui apa saja penyebab seseorang belum bisa menemukan passionnya, mungkin hal-hal di bawah ini dapat membantu siapa saja yang sedang mencari-cari pekerjaan apa yang sesuai passion Anda :

1. Refleksi Diri

Milikilah waktu untuk merenungkan kehidupan Anda, apakah selama ini sudah melakukan pekerjaan sesuai panggilan jiwa/passion Anda. Jika terlalu sibuk, maka Anda akan mudah stress dan tidak bisa merasakan, apakah Anda bekerja hanya karena terpaksa karena tidak ada pilihan pekerjaan lain, ataukah sudah sesuai dengan passion Anda. Ingatlah ciri-cirinya : orang yang bekerja dengan passion pasti sangat mencintai pekerjaannya untuk jangka waktu yang lama (tidak mudah bosan), bahkan selalu memikirkan bagaimana agar pekerjaannya semakin maju dan sukses.

2. Jangan putus asa untuk terus mencari

Bahkan saat mencari passion saya apa ya, apakah membuat Anda stress? Jangan dong … tetaplah semangat, bukan Anda saja yang bingung tentang passion Anda, ada banyak sekali orang yang masih belum menemukan passionnya juga. Jangan putus asa untuk terus fokus dan mencari, maka yakinlah pada waktuNya pasti Anda akan menemukan passion Anda.

3. Perbanyak Kegiatan-kegiatan lain yang belum pernah dicoba, mungkin kursus2 atau kegiatan pengembangan diri lainnya

Jangan merasa tidak mampu atau rendah diri karena belum sukses (atau bekerja di bidang yang Anda kurang sukai). Teruslah mencari passion Anda dengan menggali potensi diri. Potensi diri dapat ditemukan saat Anda mau melakukan kegiatan-kegiatan pengembangan diri, seperti kursus-kursus yang Anda sukai, misalnya kursus menyanyi, menjahit, memasak, potong rambut, desain web, menggambar, dll. Ingatlah bahwa passion dapat merubah pekerjaan biasa menjadi big ooprtunities karena Anda mencintai pekerjaan tersebut.

4. Banyak membaca internet/majalah tentang peluang usaha

Untuk Anda yang ingin menemukan apa yang menjadi passion Anda, banyak-banyaklah membaca majalah/tabloid peluang usaha, internet adalah salah satu sumber ide, sumber informasi dan bisa menjadi sumber peluang usaha Anda.

5. Hobby Anda mungkin Passion Anda

Jika hobby Anda merupakan passion Anda, maka bersabarlah pasti ada waktuNya dimana Anda akan menemukan peluang bisnis berdasarkan hobby tersebut. Saat Anda tekun dan sangat antusias melakukan hobby tersebut terus-menerus, maka hanya perlu waktu saja untuk menjadikan hobby sebagai peluang usaha. Sebagai contoh : saya hanya hobby makan. Apakah hobby makan bisa menjadi passion saya? Jawabannya adalah : bisa. Jika passion Anda adalah makan, cobalah mencari peluang usaha dari hobby makan ini. Misalnya saja selalu foto makanan, lalu post di media sosial (facebook, instagram, dll) atau tulis pengalaman Anda makan di sebuah Restaurant. Siapa tahu karena banyaknya review Anda tentang makanan, Anda dipercaya stasiun TV untuk menjadi host acara dapur ataupun acara makan-makan lainnya. Atau karena banyaknya follower di medsos yang memuat foto dan review makanan, maka akan banyak restoran memasang iklan di medsos Anda, who knows?

Tidak penting bagaimana cara menemukan passion Anda, karena setiap orang bisa saja menemukan passionnya melalui banyak cara lainnya. Cara-cara diatas saya tulis berdasarkan pengalaman hidup saya, dan semoga bisa bermanfaat bagi yang sedang membutuhkan.

Tapi satu hal yang pasti, setiap orang pasti akan menemukan passionnya jika mau melakukan pekerjaannya dengan selalu bersyukur, tekun dan tidak pernah bosan mencari peluang usaha yang baru. Jangan rendah diri dan putus asa, cobalah kegiatan lain atau kursus lain yang sebelumnya Anda belum pernah coba, siapa tau disana Anda menemukan passion yang selama ini dicari. Tetap semangat !!

ads

Comments

  1. By Yusuf

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *