HOME
Home » Menjadi Orang Sukses » Sukses adalah Pilihan Saya, dan Anda juga?

Sukses adalah Pilihan Saya, dan Anda juga?

Posted at January 9th, 2016 | Categorised in Menjadi Orang Sukses
apa definisi sukses

Pengertian sukses menurut Anda, belum tentu sama dengan pendapat saya, belum tentu sama juga dengan definisi sukses dari teman yang lainnya. Tapi prinsipnya, sukses adalah orang yang bisa berbangga dan bahagia dengan apa yang sudah dicapainya (materi, jabatan, popularitas, berkarya, dll). Sukses adalah sebuah perjalanan bukan tujuan akhir hidup kita. Perjalanan itu tidak selalu mulus bukan? Seringkali jalan yang harus kita lewati berkerikil tajam bahkan ada beberapa lubang besar yang membuat kita hampir terjatuh, bahkan mungkin saja kita mengalami hidup yang sangat terpuruk … hidup yang gagal, tapi bukankah kegagalan adalah sukses yang tertunda? Kunci sukses adalah selalu berserah dan bersabar menjalani hidup ini dengan selalu bersyukur dan berdamai dengan masalah apapun yang kita hadapi, baik itu masalah keuangan, sakit penyakit, hubungan keluarga, hubungan dengan teman, tetangga, masalah dengan atasan, bawahan, masalah menantu-mertua, dll. Dan saya yakin sukses adalah pilihan semua orang, baik saya maupun Anda pasti ingin sukses. Ada banyak definisi sukses, bahkan menurut orang-orang yang sukses, yuk simak terus disini yaaa …

Saya ingin hidup sukses, dan saya yakin Anda juga. Baik itu sukses dalam pekerjaan, sukses dalam keluarga, sukses dalam study, sukses dalam pelayanan, sukses dalam segala hal yang baik. Jadi sebenarnya apa definisi sukses dalam hidup seseorang?

Beberapa Definisi Sukses Menurut Para Ahli / Famous People

1. Motivator Andrie Wongso dalam website nya mengatakan bahwa sukses adalah apa yang anda rasakan. Motivator terkenal ini menyatakan bahwa kesuksesan bukan apa yang orang lain rasakan, tapi apa yang Anda rasakan sendiri.
Sebagai contoh : Ada keluarga kaya, tapi rumah tangganya terus dilanda masalah karena sang suami suka mendekati wanita lain dan bahkan sampai terperangkap dalam narkoba. Apakah itu kesuksesan? Bagi kita yang melihat sekilas, pasti menganggap mereka sukses dan kaya. Ini benar. Tapi bagi sang istri, itu adalah kegagalan besar. Baginya, lebih baik punya suami biasa-biasa tapi baik daripada punya suami kaya tapi berkelakuan buruk seperti itu.

2. Politikus Inggris, Winston Churcil mengatakan bahwa sukses adalah keras hati. Karir politik Churchill berlangsung pada masa-masa sulit di era kebangkitan militer Hitler. Tak heran jika defini sukses menurutnya adalah mengalami kegagalan-kegagalan tanpa kehilangan antusiasme untuk terus berjuang dengan hati yang teguh / keras hati.

3. Thomas Alfa Edison, ilmuwan dan pemilik 1.000 hak paten memiliki etos kerja yang tinggi. Ia sanggup bekerja 72 jam. Jadi wajar jika definisi sukses sama dengan ambisi nya. Menurutnya sukses adalah 1% inspirasi dan 99% keringat/usaha keras.

4. Penulis Maya Angelou yang wafat di usia 86, pernah mengatakan bahwa sukses adalah jika seseorang menyukai dirinya, menyukai apa yang dilakukannya, dan menyukai bagaimana ia melakukan pekerjaannya.

5. Seorang penulis, motivator, dan pengusaha asal Amerika, Zig Ziglar mengatakan bahwa Sukses adalah mendapatkan banyak hal yang dapat dibeli dengan uang dan mendapatkan semua hal yang tidak dapat dibeli dengan uang.
Contoh : Seseorang dapat membeli kasur bermerk yang mahal, tapi dapatkah orang itu membeli tidur yang nyenyak?

6. Motivator Mario Teguh seringkali menekankan bahwa kesuksesan bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dicapai. Beliau selalu bilang bahwa sukses adalah buah dari kerja keras. Setiap orang mungkin punya definisi sendiri tentang arti kesuksesan. Namun yang pasti, kesuksesan ini dapat dicapai oleh siapapun yang ingin mendapatkannya, tentunya dengan ketekunan dan kerja keras. Hal ini menjelaskan tentang sukses adalah sebuah perjalanan bukan tujuan akhir.

 

Bagaimana Kunci Sukses yang harus dipilih?

Cara Menjadi Sukses

Hidup Sukses pasti berhubungan dengan bahagia. Mari periksa diri kita masing-masing, apakah hidup kita sukses? Merasa berbahagia? Jika belum bahagia walaupun sudah berlimpah harta, jabatan tinggi, sangat terkenal, apalah artinya hidup ini. Lalu dimana kah bahagia?

Seorang perempuan bijak bernama Athena suatu saat berkata, ”Kita mencari kalung permata dari ruangan satu ke ruangan lainnya, yang sebetulnya kalung permata ada di leher kita sendiri.” Mungkin ini sama ketika kita berusaha mencari kebahagiaan. Kita mencarinya ”kemana-mana”, dan kita tidak pernah dengan persis mengetahui dimana kebahagiaan tersebut berasal.

Berhentilah mencari-cari kebahagiaan, karena bisa anda temukan di dalam diri anda. Buatlah keputusan untuk berbahagia. Kebahagiaan bergantung pada keputusan anda sendiri untuk bahagia.

Jadi kebahagiaan adalah kunci sukses yang harus kita pilih. Kapan saja, dimana saja anda dapat memutuskan untuk berbahagia atau tidak. Tidak perlu mengejar atau mencari kebahagiaan, kita akan lelah.

Jika sukses adalah pilihan Anda dan saya, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk merenungkan puisi bagus yang dibuat oleh Emha Ainun Nadjib :

“PILIH”
Bungkus atau Isi

Hidup akan sangat melelahkan, sia-sia dan menjemukan bila Anda hanya menguras pikiran untuk mengurus Bungkusnya saja dan mengabaikan ISI nya.
Maka, bedakanlah apa itu “BUNGKUS” nya dan apa itu “ISI” nya.
Rumah yang indah, hanya bungkusnya. Keluarga bahagia, itu isinya.
Pesta pernikahan, hanya bungkusnya. Cinta Kasih, Pengertian dan Tanggung jawab, itu isinya.
Ranjang Mewah, hanya bungkusnya. Tidur nyenyak, itu isinya.
Kekayaan, itu hanya bungkusnya. Hati yang Gembira, itu isinya.
Makan enak, hanya bungkusnya. Gizi, energy dan sehat, itu isinya.
Kecantikan dan ketampanan, itu bungkusnya. Kepribadian dan hati, itu isinya.
Bicara, itu hanya bungkusnya, Kenyataan, itu isinya.
Buku, hanya bungkusnya. Pengetahuan, itu isinya.
Jabatan, hanya bungkusnya. Pengabdian dan pelayanan, itu isinya.
Pergi ke tempat ibadah, itu bungkusnya. Melakukan ajaran agama, itu isinya.
Kharisma, hanya bungkusnya. Karakter, itu isinya.
Utamakanlah isinya, namun rawatlah bungkusnya.

Apapun definisi sukses menurut Anda, jangan lupa untuk selalu berdoa, bersyukur, berbahagia dan semangat setiap hari …

Sukses adalah Pilihan