HOME
Home » Menjadi Orang Sukses » Anak-Anak dan Keindahannya » Sekolah » Menjadi Orang yang Tangguh dan Mandiri bukanlah Proses Instant

Menjadi Orang yang Tangguh dan Mandiri bukanlah Proses Instant

Posted at July 18th, 2017 | Categorised in Menjadi Orang Sukses, Anak-Anak dan Keindahannya, Sekolah

This article is dedicated exclusively to JM my lucky daughter and also for all friends who feel lonely and miserable …

Disaat kita jauh dari keluarga atau jauh dari orang-orang/teman-teman yang menyayangi kita, rasanya sediiiihhhh banget … kesepian … pengen nangis aja … seandainya kita gak harus berpisah …

Tapi please dehhh … fokus dengan tujuan hidup dan masa depanmu …

waktu yang sulit akan menciptakan manusia yang tangguhKalau berpisah dari orang yang kita sayangi untuk suatu tujuan yang jelas, untuk masa depan yang lebih baik, untuk membuat kita menjadi orang yang tangguh dan mandiri, dan untuk kesuksesan, why not? Ayo semangatlah !

Kamu Anak yang Tangguh sejak dalam Kandungan Ibu

Bukan suatu kebetulan seorang anak diijinkan Tuhan dilahirkan ke dalam dunia ini … Tuhan selalu punya rencana yang indah untuk setiap umatNya.

Setiap janin yang terbentuk dalam kandungan ibunya, adalah seorang anak yang tangguh, karena dia terbentuk melalui proses alamiah dimana sel-sel sper** yang jumlahnya berjuta-juta berebut saling mendahului dan berdesakan untuk menembus SATU sel telur (proses pembuahan), sehingga dari persaingan yang begitu ketat dan sulit tersebut, hanya SATU sel saja yang berhasil muncul sebagai pemenang … dia membuahi sel telur dan jadilah Janin, tangguh sekali bukan?

Dan janin dalam kandungan ibu … itu adalah kamu Anakku … jadi ibu sangat yakin dan percaya bahwa kamu adalah anak yang tangguh sejak dalam kandungan.

Dan spesial for JM, saat usia kandungan ibu 4 bulan, tiba-tiba ibu demam tinggi hingga 40 Celcius, sangat berbahaya untuk seorang ibu diawal kehamilannya, terutama berbahaya untuk keselamatan bayinya.

Sampai harus opname selama 10 hari di Rumah Sakit. Dokter kebingungan karena demam tak kunjung turun, dilakukan tes ini dan itu namun belum juga ditemukan diagnosa yang jelas … ibu terbaring lemah dan hanya bisa berdoa pasrah kepada Tuhan atas keselamatan bayi dalam kandungan ibu.

Diagnosa terakhir adalah Radang kandung empedu (kolesistitis) … namun sebelum diperoleh diagnosa akhir, dokter telah memasukkan berbagai macam obat, diantaranya termasuk antibiotik melalui selang infusan, dan juga Fansidar obat Malaria. Ayahmu sangat cemas dengan obat-obatan tersebut, karena Antibiotik dan Obat Malaria merupakan kontraindikasi untuk ibu hamil (tidak boleh karena berbahaya untuk janin). Namun dokter obgyn meyakinkan berdoa saja tidak akan terjadi apa-apa …

Sebagai orangtua kami hanya bisa pasrah kepada Tuhan dengan kondisi bayinya … and praise the Lord … setelah 10 hari terbaring lemah di Rumah Sakit, akhirnya ibu sembuh dan dokter mengatakan bayinya sehat …

Sungguh kamu adalah anak yang tangguh sejak dalam kandungan ibu, Nak.

Sementara kami kuatir akan keselamatan bayi dalam kandungan karena demam tinggi yang tak kunjung turun, lalu kami terus menunggu 9 bulan lebih hingga akhirnya saat waktu persalinan tiba, kamu lahir dengan selamat, sehat dan sempurna … bayi yang tangguh dan luar biasa bukan?

Percayalah bahwa setiap anak diciptakan menjadi pribadi yang tangguh sejak dalam kandungan ibunya, terlebih kamu JM … melalui proses tentunya … karena itu ayo semangatlah … yakinlah bahwa kamu anak yang kuat dan tangguh …

Jangan merasa dirimu lemah, kesepian dan sedih yang berlarut-larut, ingatlah bahwa kamu diciptakan Tuhan sebagai anak yang tangguh …

Kamu Anak yang Tangguh sejak Mulai Sekolah (PlayGroup)

Pengalaman pertamamu pergi ke sekolah adalah saat kamu masuk Playgrup, Anakku.

Masih teringat betul hari pertama kamu memasuki gerbang sekolah, kamu tidak mau ditinggal, maunya ditemani ibu. Saat di dalam kelas, kamu sering sekali menoleh ke arah jendela, berharap ibu kamu terlihat di jendela … tapi ibu sembunyi hehehe …

Dan selama seminggu pertama bersekolah di kelas playgroup, kamu selalu menangis saat masuk pagi hari di gerbang sekolah. Ibu guru akan menggendongmu masuk kelas agar mau sekolah, dan kamu tidak akan berhenti menangis hingga pelajaran pertama dimulai. Proses menangis mengharu-biru ini berlangsung setiap pagi selama SATU MINGGU saat masuk gerbang sekolah.

Dan akhirnyaaa … taraaaa … setelah melalui proses kesepian dan hujan airmata selama seminggu awal sekolah di Playgroup, kamu pun terbiasa dengan sekolah dan teman-temanmu … kamu telah berubah menjadi anak yang kuat dan tangguh … luar biasa lhooo …

Karena dari Playgroup, TK, SD hingga SMP kamu bersekolah di tempat yang sama, maka kamu lebih mudah beradaptasi. Artinya di jenjang berikutnya setelah playgroup, tidak ada lagi acara tangis-tangisan di awal masuk sekolah.

Mengapa? Karena kamu sudah berubah karaktermu menjadi anak yang hebat, kuat dan tangguh …

Karena itu jika saat ini kamu merasa down, kesepian, sedih, sendirian, ingatlah bahwa kamu saat ini sedang melalui “proses kehidupan” … yang tujuan akhirnya adalah menjadi orang yang tangguh, sukses dan mandiri … percayalah dan tetaplah semangat Anakku.

Maka Kamu juga Seorang Anak yang Tangguh dan Mandiri sejak SMA …

Masa SMA adalah masa-masa seorang anak dalam pencarian jati diri. Mereka berusaha berontak, melawan, mencari perhatian, melakukan sesuatu sesukanya, dan merasa dewasa … tidak heran anak-anak SMA banyak yang bandel. Jika dibandingkan kenakalan anak SMP, SMA dan Anak kuliahan, maka SMA adalah juaranya … juara bandel maksudnya hehehe … tidak heran berita-berita di koran banyak tawuran pelajar umumnya dilakukan oleh anak-anak SMA, bener kan?

Jika saat ini kamu baru masuk sekolah SMA jauh dari keluarga, lalu kamu merasa sedih, kangen, kesepian … ini adalah hal yang wajar anakku.

Tetaplah kuat dan nikmatilah prosesnya dengan ucapan syukur … ingatlah semua kesusahan dan kesepian yang sedang kamu alami, adalah proses untuk memurnikan karaktermu, menjadi seorang pribadi yang kuat dan tangguh … pribadi yang mandiri dimanapun kamu berada …

Ingatlah JM, jika kamu sudah menang saat dalam kandungan ibu, setelah melalui proses yang membahayakan keselamatanmu … dan akhirnya kamu menang … lahir dengan sehat dan kuat …

Dan juga kamu sudah menang ketika mengawali masa sekolah playgroupmu dengan hujan airmata …

Maka sekarangpun kamu pasti akan menang mengalahkan masa SMA mu …

Berjuanglah Anakku … kalahkan semua perasaan takut, sedih, sendirian, dan kesepian itu … jangan biarkan dirimu terlarut dalam stress dan kesusahan … ibu berdoa untukmu selalu … kamu pasti bisa melaluinya … kamu pasti menang dan menjadi pribadi yang tangguh dan mandiri.

Tidak bisa seseorang menjadi tangguh dan mandiri dengan instant, semua harus melalui proses kesengsaraan yang menyakitkan.

Roma 5 : 3-4

Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.

Paulus menyebutkan “kesengsaraan” sebagai salah satu berkat dari keselamatan kita dalam Kristus.

1. Kata “kesengsaraan” menunjuk kepada bermacam-macam keadaan/pencobaan yang mungkin menekan kita. Ini termasuk hal-hal seperti tekanan kebutuhan keuangan atau jasmaniah, keadaan yang kurang menguntungkan, kesusahan, penyakit, penganiayaan, penyalahgunaan atau kesepian.

2. Di tengah kesulitan-kesulitan ini kasih karunia Allah memungkinkan kita mencari wajah-Nya dengan lebih bersungguh-sungguh dan menghasilkan roh dan sifat tabah untuk mengatasi pencobaan hidup ini. Penderitaan menimbulkan ketekunan, bukan membawa kepada keputusasaan, dan ketekunan itu menghasilkan sifat yang dapat diandalkan, dan sifat yang dapat diandalkan itu menghasilkan pengharapan.

Bersama Dia kamu akan sanggup melaluinya Anakku …

Filipi 4:13

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Selamat Menikmati masa Remajamu … Jadilah pribadi yang tangguh dan mandiri … Hati2 saat menyeberang jalan yaaa … God bless you JM …