Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
HOME
Home » Menjadi Orang Sukses » Mengapa Saya Gagal? Arti Sebuah Kegagalan dalam Hidup

Mengapa Saya Gagal? Arti Sebuah Kegagalan dalam Hidup

Posted at February 24th, 2017 | Categorised in Menjadi Orang Sukses

Mengapa Saya Gagal? Arti Sebuah Kegagalan dalam HidupSuatu ketika si sulung mendatangi saya dengan muka sedih dan mengatakan, “Mami, saya merasa gagal, karena saya selama ini nggak pernah latihan menyanyi, suara teman-teman saya lainnya bagus-bagus banget”. Anak saya merasa gagal dalam lomba menyanyi yang diadakan di sekolahnya.

Mengapa saya gagal?

ketika anak saya berkata dia gagal dalam bernyanyi, saya berkata kepadanya, Siapa yang bilang kamu gagal, Nak? Saya berusaha untuk membesarkan hatinya, dan meyakinkan bahwa merasa gagal bukanlah sebuah keputusan yang bijaksana.

Gagal itu hanyalah pandangan manusia saja. Kita merasa gagal jika membanding-bandingkan diri dengan orang lain, dan ternyata posisi kita dibawah mereka, maka kita akan berkata : Mengapa saya gagal? Jelas itu karena kita membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Contoh nyata kasus anak saya tadi, dia bilang gagal karena merasa kali ini pasti kalah dalam lomba nyanyi di sekolahnya karena suara temen-temennya lebih bagus darinya. Yang seharusnya adalah saya mungkin saja gagal dalam lomba nyanyi kali ini, tapi saya tidak akan menyerah, saya akan berlatih nyanyi setiap hari, agar dalam lomba-lomba berikutnya bisa menang.

Gagal itu adalah pandangan orang yang tidak beriman. Jika kita yakin dengan iman kita, maka kita akan percaya ada Tuhan yang selalu menuntun dan menolong kita. Bukankah Tuhan mengajarkan bahwa kegagalan itu adalah ujian dalam hidup kita? Seperti seorang murid yang mendapat nilai kurang dalam salah satu pelajaran, jangan menyerah … masih ada kesempatan remedial (mengulang). Ingatlah bahwa gagal hanyalah sebuah sukses yang terpending. Selama Tuhan masih memberikan nafas kehidupan untuk kita di dunia ini, maka kita harus mempergunakan kesempatan yang diberikanNya untuk menjadi sukses dan bahagia.

Mengapa saya mengalami kegagalan?

Kegagalan hanyalah sebuah proses yang harus kita lalui untuk menjadi sukses. Selalu ada hikmah dari setiap kegagalan yang kita alami.

Apa saja hikmah dari kegagalan?

Kegagalan menciptakan pilihan-pilihan / Peluang-peluang Baru

Dalam setiap kegagalan biasanya selalu tersimpan harta tak ternilai untuk kita. Ya, selalu ada hikmah dalam setiap kegagalan. Mengalami kegagalan dapat menjadi momen yang tepat dimana kita merenungkan kembali tujuan awal kita, intropeksi diri, melihat di sekeliling dan memutuskan alasan mengapa kita harus bangkit tidak boleh menyerah.
Bagian yang paling baik dari sebuah kegagalan adalah kita akan dibawa pada sebuah jalan yang belum pernah kita temukan sebelumnya.

Pintu yang baru akan terbuka. Dengan mengalami kegagalan, kita akan menemukan peluang-peluang dan kesempatan emas yang baru asal kita tidak menyerah. Hal-hal baru juga akan kita alami saat kita gagal, yaitu hubungan kita dengan beberapa orang mungkin akan bertambah kuat, terutama sahabat-sahabat sejati yang selalu ada menemani dan memberikan kekuatan serta penghiburan saat kita gagal. Sebaliknya mungkin juga hubungan kita dengan beberapa orang lain menjadi renggang karena kegagalan kita.

Kegagalan melatih kesabaran

Wajar saja jika seseorang merasakan kekesalan atau kemarahan ketika menghadapi kegagalan. Namun poin yang pentingnya adalah jangan memendam kekesalan atau kemarahan.

Poin kedua adalah jangan berusaha mencari hal-hal untuk dijadikan alasan kegagalan. Seperti, saya tidak mendapat dukungan dari pasangan saya, ini akibat saya tidak mempunyai modal yang cukup, saya tidak mempunyai kendaraan pribadi untuk mobilitas saya, saya memang dilahirkan dari keluarga yang bermental kecil, dll.

Sekali kita menjadikan hal-hal tersebut sebagai alasan kegagalan kita, maka itu akan menjadi bagian dalam diri kita. Kita akan membawa alasan itu kemanapun kita pergi sehingga lama kelamaan akan meracuni diri kita sendiri.

Silahkan lampiaskan emosi Anda, jangan memendamnya, tentunya dalam batas-batas wajar. Mungkin ingin melampiaskan dengan menangis, silahkan menangislah. Mungkin ingin melampiaskan dengan pergi ke cafe untuk mendengarkan life musik, yuk pergi ke cafe. Namun cukup sampai disitu. Masa depan yang sangat cerah masih menanti kita. Mari Bangkit dan berjalan kembali.

Kegagalan merupakan sumber dari kreatifitas / the power of kepepet

Siapa yang menghendaki kegagalan? Tak seorangpun ingin gagal Saudaraku, Namun jika kita tidak pernah mengalami kegagalan maka pikiran kita tidak pernah dirangsang untuk berkembang. Gagal akan mendorong anda menjadi lebih kreatif. Disaat kepepet seseorang akan berpikir lebih keras demi mewujudkan mimpinya..

Cobalah mengingat kembali masa kecil kita. Jika lupa, kita bisa melihat pada anak kita atau anak-anak kecil di sekitar kita. Mereka tidak pernah takut akan berbuat kesalahan ataupun mengalami kegagalan. Mereka melakukan semua hal yang ingin mereka lakukan tanpa berpikir panjang resikonya. Kadang mereka jatuh namun dalam sekejap mereka bangkit dan berlari-lari kembali. Mereka kadang menemukan jalan buntu ketika melakukan sebuah permainan namun mereka tidak berhenti, mereka berusaha mencari solusi-solusi yang baru. Akibatnya pikiran mereka begitu kreatif. Kita semua bisa mencontoh pikiran murni mereka yang belum banyak terkontaminasi oleh lingkungan sekitarnya.

Kegagalan akan mengoptimalkan potensi

Seorang guru yang baik akan mengarahkan muridnya untuk berani mengambil resiko. Mereka mempunyai suatu keyakinan bahwa pikiran yang konservatif tidak akan membuat potensi diri keluar dengan optimal.

Semakin sering kita mengalami kegagalan, otak kita akan semakin dilatih untuk menghadapi permasalahan dan bagaimana mencari jalan keluarnya.

Saya meyakini bahwa setiap orang memiliki potensi diri yang sangat besar dengan keunikannya masing-masing. Kita dapat mengetahui kedahsyatan potensi yang kita miliki hanya dengan keberanian menghadapi masalah, tidak ada jalan lain.

Memperoleh kekuatan dengan mengalami kemalangan

Bersyukurlah jika anda mengalami kegagalan atau kemalangan. Karena dengan kegagalan anda sedang disiapkan untuk meraih kesuksesan yang lebih besar. Anda akan ditempa untuk menjadi lebih kuat dari sebelumnya

Jadi mulai sekarang, jangan lagi bertanya-tanya mengapa saya gagal? Ataupun apa yang harus saya lakukan jika mengalami kegagalan? Belajarlah untuk bersyukur selalu, dan jangan pernah menyerah … karena kesuksesan sangat dekat dengan orang yang semangat dan tidak mudah putus asa …

Gagal menunjukkan waktu yang tepat untuk kita belajar dan belajar lagi … berusaha dan berusaha lagi … karena hidup adalah belajar terus hingga akhir hayat.

Orang yang sukses adalah orang yang gagal berkali-kali tapi tidak pernah menyerah. Sedangkan orang yang gagal adalah orang yang gagal sekali lalu berhenti.

Percayalah bahwa padang gurun tandus pun bisa menghasilkan mata air melimpah, asal kita mengandalkan Tuhan dan tidak pernah menyerah dengan kegagalan. Nothing impossible with God.