Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
HOME
Home » Menjadi Orang Sukses » Memiliki Visi yang Besar

Memiliki Visi yang Besar

Posted at August 10th, 2016 | Categorised in Menjadi Orang Sukses

Sudahkah kita memiliki visi yang besar? Sangat penting untuk seseorang yang ingin sukses dan mencapai sesuatu yang besar, haruslah orang itu memiliki visi besar. Jika kita memiliki visi yang besar, maka kita akan menjadi sukses, dan kita akan masuk dalam golongan orang-orang yang visioner.

ARTI KATA VISI

menjadi orang yang visionerVisi berasal dari kata Vision (bahasa inggris) yang artinya adalah penglihatan/pandangan.

Ada beberapa arti kata visi menurut KBBI (kamus besar bahasa Indonesia) :

1. Kemampuan untuk melihat pada inti persoalan;
2. Pandangan atau wawasan ke depan;
3. Kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan;
4. Apa yang tampak dalam khayalan;
5. Penglihatan / pengamatan

Mengapa harus Memiliki Visi yang Besar?

  • Sukses terbesar adalah ketika seseorang dapat menjalani hidup sesuai dengan visinya. Orang-orang visioner selalu selangkah di depan, karena ia berpandangan jauh ke depan dan melihat berbagai peluang serta kemungkinan-kemungkinan baru yang belum terpikirkan orang lain.
  • Orang yang memiliki visi besar, adalah orang yang berani bermimpi tentang masa depannya dan pasti memiliki masa depan lebih baik. Dengan adanya visi tersebut akan menuntun seseorang lebih focus, lebih yakin dalam melangkah, merencanakan dan memutuskan segala sesuatu dengan matang, menuju masa depannya yang gemilang.
  • Orang yang memiliki visi besar adalah orang yang berani menetapkan target setinggi-tingginya untuk dapat dicapainya. Dengan adanya visi tersebut, dia akan mulai menyusun tangga step by step untuk mencapai targetnya tersebut.
  • Orang yang memiliki visi besar adalah orang yang tidak takut gagal. Karena dia tahu kegagalan adalah proses kecil untuk membuatnya semakin kuat dalam meraih keberhasilannya. Lihatlah bayi yang belajar berjalan, untuk dia lancar berjalan bahkan berlari, biasanya anak ini akan mengalami jatuh, bahkan mungkin terluka. Namun jangan lihat prosesnya, lihatlah hasil akhirnya, anak ini bisa berjalan dan berlari dengan gembira.

Oleh karena itu amat sangat penting bagi setiap orang harus memiliki visi yang besar, agar langkah-langkahnya selalu fokus menuju kesuksesan.

Siapa saja Tokoh-Tokoh Terkenal yang memiliki Visi yang besar?

memiliki visi yang besar1. Lee Kuan Yeuw

Tokoh visioner, mempunyai mimpi membangun Singapura yang tidak memiliki sumber daya alam, bahkan sering kekurangan air, menjadi negara maju dan modern. Dan terbukti sekarang Singapura menjadi negara paling maju di Asia serta bebas korupsi, sesuai visi besar Lee Kuan Yeuw.

Saat berusia 42 tahun, Lee Kuan Yeuw berhasil membawa Singapura kepada kemerdekaannya, pada 9 Agustus 1965. Setelah itu, ia membuat kebijakan utama untuk membangun ekonomi Singapura hanya bermodalkan kepercayaan rakyat.

Negeri tanpa sumber daya alam dan sering kekurangan air sempat membuat Lee Kuan Yeuw pusing kepala dan sulit tidur. Namun dengan perjuangannya yang gigih pantang menyerah, kita dapat menyaksikan sendiri seperti apa sekarang negara Singapura.

Tulisan tentang perjuangannya itu dituangkan dalam dua bukunya, The Singapore Story yang diterbitkan pada 1998 dan dilanjutkan dengan From Third World to First, The Singapore Story: 1965-2000. Dua-duanya menjadi buku terlaris di seluruh dunia.

Ketika lengser pada 28 November 1990, Lee Kuan Yeuw telah mewariskan kemakmuran bagi Singapura. Penggantinya, Goh Chok Tong, memperkuat pertumbuhan ekonomi yang lalu diteruskan oleh putra sulung Lee Kuan Yew, Lee Hsien Loong.

Dalam buku terakhir, dia mengaku puas telah membuat Singapura menjadi negeri meritokrasi, bebas korupsi, dan setara bagi semua ras. “Singapura adalah satu-satunya zona bebas korupsi di kawasan di mana korupsi menjadi endemis,” tutur Lee Kuan Yeuw.

2. Walt Disney

”There is no corner on brains.”

Siapakah Walt Disney? Bahkan banyak orang menyangka itu adalah nama rumah produksi film kartun, atau tokoh dalam film kartun? Walt Disney adalah seseorang yang telah memberikan senyum kegembiraan pada dunia dengan karakter-karakter kartun yang lucu-lucu dan menarik. Tidak hanya anak-anak yang menyukainya, orang dewasa juga. Setelah kematian Disney pada tahun 1966, karakter-karakternya dan semua peninggalan Disney (seperti Disneyland) masih tetap hidup sampai sekarang dan terus menghibur banyak orang. Disney telah lama pergi namun ide-ide dan kreasinya masih merajai dunia hiburan dan bisnis.

Disney sering berbicara tentang berapa banyak waktu yang ia habiskan untuk mengembangkan ide-idenya. Ia sering kali merenungkan ide-ide tersebut selama beberapa tahun, membangun, memperbaiki, menyesuaikan, berbagi dengan yang lain, menerima masukan, dan terkadang mewujudkan tujuan-tujuannya yang begitu berani.

Disney bermimpi tentang masa depan, kemudian merencanakan bagaimana menghubungkan visinya dengan kenyataan dalam suatu cara. Pada waktu yang sama ia menginspirasi para pekerjanya, para artis, para imagineer, dan eksekutif untuk membangun masa depan. Ia bernegosiasi dengan partner bisnisnya, pemimpin industri, dan pemerintah untuk memuluskan jalan demi meraih tujuannya. Untuk menjadi efektif, Disney telah mempertimbangkan dampak kerjanya dari banyak sudut pandang.

3. Leonardo Da Vinci

“I wish to work miracles….”

Leonardo adalah seorang seniman yang serba bisa, ahli dalam banyak bidang, dan banyak memiliki ide-ide baru. Leonardo mempelajari sesuatu bukan untuk “sekadar tahu”, melainkan untuk mencipta.

Ia mengerjakan karya-karyanya dengan tekun, sabar, dan penuh semangat. Lihat saja bagaimana ia mengerjakan patung Sforza horse bagi Duke Ludovico Sforza selama sebelas tahun. Inilah prinsip penting bagi siapa pun yang ingin meraih kesuksesan dari pekerjaannya.

Leonardo mempunyai visi besar yaitu berkarya dengan tekun dan sabar maka akan menghasilkan keajaiban. Dan hingga saat ini nama besar seniman ini tetap terkenal meskipun dia sudah tiada.

4. STEVE JOBS

Steve Jobs merupakan salah satu sosok pemimpin dan bisnisman yang paling menonjol saat ini. Meskipun ia tidak pernah menyelesaikan kuliahnya, namun Jobs terbukti menjadi salah satu entrepreneur yang tersukses di dunia. Apa yang menjadi keunggulan Jobs dan bagaimana gaya kepemimpinannya yang unik menjadi kunci kesuksesan Apple?

Steve Jobs merupakan salah satu pemimpin yang paling visioner, dimana ia selalu mempunyai visi jangka panjang, yang kemudian membuktikan bahwa langkah yang ia ambil merupakan langkah revolusioner. Macintosh, misalnya, yang diluncurkan pada awal tahun 1984, merupakan PC pertama yang menggunakan mouse, serta dilengkapi graphical user interface (GUI), bukan hanya command-line interface. Hingga saat ini, PC pasti dilengkapi dengan mouse juga GUI. Hingga kini, iPod menjadi MP3 player terpopuler di dunia, dan iPhone juga menjadi salah satu most wanted gadget di seluruh dunia.

Visi besar Steve Jobs juga ada pada Pixar, yaitu rumah produksi film yang pertama kali memproduksi film animasi dengan computer, juga terbukti sukses luar biasa, dan berhasil menelurkan beberapa blockbuster di pasar, seperti Toy Story 1 dan 2, A Bugs Life, Finding Nemo, The Incredibles, Ratatouille, hingga yang terakhir Wall-E.

5. Anda dan Saya

Semoga yang masuk dalam daftar tokoh sukses selanjutnya karena memiliki visi yang besar adalah termasuk Anda dan saya. Salam sukses buat kita semua …