HOME
Home » Menjadi Orang Sukses » Jalan-jalan » Gaji Kapal Pesiar Carnival dan Gemini dalam Rupiah

Gaji Kapal Pesiar Carnival dan Gemini dalam Rupiah

Posted at April 24th, 2016 | Categorised in Menjadi Orang Sukses, Jalan-jalan

gaji kapal pesiar dalam rupiahGaji kapal pesiar sangat menarik … selain jumlah yang layak, mereka yang bekerja di kapal pesiar mendapat fasilitas sangat memadai. Saya sempat berbincang-bincang dengan 2 orang karyawan di Star Cruise Gemini yang kebetulan berasal dari Indonesia. Saya penasaran juga ingin tahu berapa besarnya gaji bekerja di kapal pesiar Gemini dalam Rupiah.

Saat makan di Bella Vista Restaurant (salah satu restoran dalam kapal pesiar Star Cruise Gemini), kami disapa oleh seorang waiter dari Indonesia, dari Malang kalau saya nggak salah ingat. Lalu kami sempat bincang-bincang sebentar perihal kenyamanan berkerja di kapal pesiar. Dia juga memberi saran tentang menu fine dining di restauran tersebut. Saat itu kami bingung mau memilih menu yang mana karena western food kurang familiar di lidah kami hehehe … wong ndeso sih ya. Kami kuatir pesan ini dan itu tapi nggak bisa makan semua, kan sayang kalau dibuang. Dan dari waiter dari Indonesia tersebut kami baru tahu jika anak-anak kurang menyukai menunya, restoran juga memiliki kids menu seperti nugget, kentang goreng, dan burger kalo ngga salah ingat. Yah itu makanan yang jarang ditolak anak-anak hehehe … hampir semua anak doyan. Dari waiter ini lah kami sempat menanyakan tentang gaji bekerja di kapal pesiar, walaupun dia menjawabnya tidak terang-terangan hehe …

Selama liburan di kapal pesiar Star Cruise Gemini, kami melihat banyak sekali house keeping yang bekerja di setiap lantai (deck) kapal. Hampir semuanya yang terlihat orang Asia, seperti Filipina, Malaysia dan Indonesia. Sempat ngobrol juga dengan seorang pemuda dari Bali, mungkin dia mendengar bahasa yang kami gunakan bahasa Indonesia, jadi pemuda ini langsung tahu bahwa kami rekan setanah air hehe. Pemuda ini bercerita seru nya pengalaman bekerja di kapal pesiar. Secara fasilitas bisa dikatakan mewah untuk crew, dari pada karyawan di Indonesia. Makan terjamin dengan menu mewah dan bergizi, kesehatan juga dijamin oleh pihak cruise, Gaji juga sangat lumayan jika dibandingkan dengan gaji TKI dengan resiko disiksa majikannya.

Suasana kerja di kapal pesiar tampaknya sangat menyenangkan, mempunyai banyak teman senasib sepenanggungan, jauh dari keluarga, istri, anak, orang tua, anak, pacar barang kali hehe. Dan pastinya mereka bisa saling membantu sesama karyawan di kapal pesiar, terlebih saat ada yang sakit. Pemuda asal Bali ini juga cerita baru bisa pulang ke Bali 8 bulan sekali, lama juga ya … kalo untuk yang jomblo mah ngga apa-apa santai aja, yang kangen istri dan anak ini lho kasihan ngebayanginnya 8 bulan sekali baru bisa ketemuan hehe. Tapi jaman sudah sangat modern, tehnologi sangat maju sekarang, tiap hari mereka bisa video call lewat skype kali ya, ataupun chatting lewat medsos.

Berapa Gaji Bekerja di Kapal Pesiar Gemini?

gaji bekerja di kapal pesiarYang perlu diketahui, gaji untuk setiap jabatan pasti berbeda-beda, untuk cleaning service, waiters, lalu asisten manager, manager, apalagi kaptennya, pasti semakin besar sesuai pangkat mereka.

Gaji yang diterima selama bekerja di kapal pesiar Superstar Gemini bukan dalam Rupiah tapi dalam Singapore Dollar.

Untuk kelas seperti cleaning service dan laundry, dibagian ini yang paling banyak pekerja dari Indonesian bisa diterima, gajinya berkisar antara SGD 600-700. Kalau dikurskan dalam Rupiah saat ini April 2016 sekitar Rp 6.000.000,- sampai Rp 7.000.000,- belum termasuk tips jika ada rejeki datang hehe.

Jumlah yang lumayan besar daripada bekerja di Indonesia masih harus keluar uang untuk sewa rumah dan biaya makan. Di dalam kapal mereka terjamin semuanya, baik istirahatnya (kamar yang sangat layak), kebersihannya maupun kesehatannya, mereka juga ada jatah day off (cuti) jadi bisa istirahat di kapal atau saat mendarat di suatu negara.

Saya juga sempat membaca blog pengalaman seorang pemuda Sunda yang bekerja di bagian house keeping department di kapal pesiar yang berbeda (bukan Star Cruise Gemini). Pemuda ini mengalami saat sakit gigi saat bekerja di kapal pesiar. Maka pihak cruise akan memberikan perawatan gigi di darat saat kapal bersandar di lokasi terdekat saat sakit tersebut, jadi ngga perlu nunggu pulangnya baru diobatin ke dokter gigi. Sakit berhari-hari dong kalau nungguin pulangnya. Jadi ada fasilitas kesehatan untuk karyawan kapal pesiar dengan standard yang sangat memadai. Bahkan di dalam cruise pun ada dokter nya.

Kalau gaji Cleaning Service di kapal pesiar Star Cruise Gemini sekitar SGD 600-700, maka untuk jabatan diatasnya sudah pasti lebih dari itu, bahkan saya pernah baca lowongan pekerjaan di kapal pesiar dengan iming-iming gaji 15-35 juta Rupiah, tapi saya lupa itu untuk lowongan bagian apa di kapalnya.

Berapa Gaji Bekerja di Kapal Pesiar Carnival dalam Rupiah?

gaji kapal pesiarNah untuk Kapal Pesiar dari Carnival Company berangkatnya dari Amerika, bukan dari Singapore. Kapalnya jauh lebih besar dari Star Cruise Gemini.

Gaji di kapal pesiar Carnival diterima dalam USD (dollar Amerika), dan tergantung bagian apa kerjanya.

Dari sebuah blog menarik yang saya baca kemarin, berisi pengalaman seorang pemuda Sunda yang berangkat ke Amerika untuk bekerja di Kapal Pesiar Carnival di bagian House Keeping Department, dia bercerita tentang suka duka bekerja di kapal pesiar dan juga tentang Gaji yang didapatkan sesuai jabatan masing-masing.

Dia menceritakan beberapa tingkatan jabatan karyawan di kapal pesiar Carnival beserta perkiraan gaji yang mereka dapatkan :

House Keeping Departments, terdiri atas :

  • Hotel Steward (cleaning service) jam kerja 10 jam/hari dari jam 5 pagi sampai jam 5 sore >>> Gaji sekitar USD 500 per bulan
  • Assistant Stateroom (bersih-bersih kamar dan public area) dibagi dalam beberapa group dan ada jam giliran kerjanya >>> Gaji berkisar antara USD 1500-1800 per bulan
  • Stateroom Steward (tugasnya melayani tamu dengan ramah, memahami keinginan tamu dan dibantu Assistant Stateroom menjaga kebersihan kamar) jam kerja dari 08.00 – 13.00 lalu disambung lagi pukul 18.00-22.00 >>> Gaji sekitar USD 2.500 – 4.000 per bulan

Masih ada beberapa jabatan lagi yang diceritakan dalam blog nya, tapi kebanyakan orang Indonesia menempati posisi di House Keeping Department. Ternyata besarnya gaji kapal pesiar Gemini dan Carnival dalam Rupiah lumayan juga lho … mungkin bekerja di kapal pesiar lebih menarik untuk yang belum menikah, karena masih belum punya tanggungan, feel free dan mendapatkan banyak pengalaman baru serta belajar menghadapi tantangan.