Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
HOME
Home » Memasak - instagram @amy_housefp » Resep Wonton Udang/Ayam – Pangsit Ayam – Tahu Isi daging Ayam

Resep Wonton Udang/Ayam – Pangsit Ayam – Tahu Isi daging Ayam

Posted at December 11th, 2017 | Categorised in Memasak - instagram @amy_housefp

Saya suka banget nonton TV acara masak2 channel korea. Nah minggu lalu ada menu masakan dari udang, dengan nama mie wonton udang. Pikir mau latihan membuat wonton nya saja, karena mie nya kan bisa pakai mie apa saja nanti, bahkan pakai indomie juga boleh hehe.

Penasaran dengan yang namanya wonton, lalu saya coba googling. Ternyata definisi wonton itu seperti pangsit, isian daging cacah yang dibungkus kulit. Entah apa bedanya dengan kuo tie. Yang pasti menurut google wonton itu seperti pangsit gitu. Sangat berbeda dengan resep mie wonton udang yang saya lihat di TV korea.

resep memasak wonton

Wonton udang dalam channel korea, dibentuk bulat-bulat seperti pentol bakso, tanpa kulit. Apakah mungkin translater/penerjemahnya yang salah ya? Siapa tau harusnya bukan wonton namanya. Ah daripada memperdebatkan namanya, akhirnya saya coba eksperimen keduanya, wonton tanpa kulit (sesuai TV korea), wonton dengan kulit, dan juga saya modifikasi sendiri, isian wonton saya masukkan dalam tahu.

Dan ketiganya uenakkkk semuaaaa … jadi malah asik lho, nemuin SATU MACAM isian, bisa untuk 3 macam bentuk hehehe. Makin seru eksperimen saya di dapur. Yuk kita mulai dengan wonton udang.

Bahan membuat wonton Udang :

cara membuat kulit pangsit/wonton

100 gram udang, cincang halus dengan pisau di talenan
2 siung bawang putih, cincang halus lalu goreng hingga kecoklatan, tiriskan.
1 ruas jahe
1 btg bawang pre, ambil bagian putihnya saja sekitar 8-10 cm
Setengah dari satu putih telur ayam
1 sdm tepung kanji
Garam dan merica secukupnya

cara memasak mudah untuk pemula

Cara Memasak Wonton Udang :

Haluskan jahe dan bagian putihnya bawang pre, dan juga bawang putih yang sudah digoreng.

mie wonton - resep dengan gambar step by step

Lalu masukkan semua jadi satu wadah : udang, bawang putih, jahe dan bawang pre, yang sudah dihaluskan. Tambahkan putih telur, garam dan merica. Aduk agak lama hingga rata tidak bergumpal.

apa bedanya wonton dan pangsit

wonton udang - wonton ayam - cara memasak wonton

Tambahkan tepung kanji, aduk sebentar asal rata.

resep untuk pemula - membuat wonton udang

Rebus air hingga mendidih. Lalu bentuk wonton dengan tangan seperti membuat pentol bakso, masukkan satu per satu wonton ke dalam air mendidih.

cara memasak mudah untuk pemula - membuat mie wonton

belajar memasak wonton udang

Jika sudah mengambang, tandanya wonton sudah matang, tiriskan.

cara membuat kulit wonton

Wonton udang siap dinikmati, bersama mie apa saja, sebaiknya mie kuah.

wonton udang tanpa kulit - mie wonton

Sebagai latihan, saya hanya coba dengan mie sedap kare ayam hehe, kan latihannya membuat wonton udang bukan mie nya. Bagaimana rasanya wonton udang? Enak banget seharusnya. Kok seharusnya? Di daerah saya, beberapa waktu sekali, selalu ada musim dimana udangnya “rasa plastic”. Jadi saat dibeli di pasar, udangnya tampak sangat segar, warnanya bagus bukan yang mulai kemerahan gitu, trus kenyal juga dagingnya. Hanyaaaaa rasanya agak aneh seperti rasa plastic. Saya agak sulit menggambarkan rasanya.

Setelah beberapa tahun tinggal disini, saya baru paham sepertinya rasa plastic udang berasal dari pengawet yaitu sulfit. Tapi ini baru dugaan saja, karena saya tidak bisa membuktikan juga benar atau tidaknya. Mengapa timbul dugaan pengawet? Karena tidak selalu udang berasa plastic, kadang-kadang saja, padahal udangnya tampak sangat segar.

Kalau sudah begitu rasa udangnya, rasa plastic tidak dapat dihilangkan dengan cara apapun. Pernah saya coba hilangkan rasa plastiknya dengan : direndam air lemon atau jeruk nipis, direndam bawang putih, ditaburi garam lalu dibilas air, dimasak dengan asam jawa maupun arak. Semua usaha yang dilakukan, tidak dapat melawan rasa plastiknya.

Selama saya tinggal di Jawa Timur, belum pernah sekalipun merasakan udang rasa plastic ini. Btw, julukan rasa plastic ini kami sekeluarga sendiri sih yang menamainya, karena sudah hafal setiap mencicipi segala masakan baaik di restoran maupun di rumah dengan rasa plastic seperti ini jelas banget berasal dari udang. Tapi ada kalanya udang tidak berasa plastic. Sepertinya musim-musim tertentu aja.

Daripada repot dengan rasa plastic udang yang tidak bisa hilang, dan juga untuk membuktikan bahwa resep ini sebenernya enak untuk daging apa saja, saya coba masak lagi sore harinya dengan menggunakan dada ayam. Penasaran banget sekaligus jengkel dengan si udang rasa plastic hehe.

ini wonton ayam - resep untuk pemula

Dan hasilnya sangat memuaskan, meskipun teksturnya lebih bagus menggunakan udang, karena udang lebih empuk dan juicy, kalau dada ayam padat dan kering. Tapi rasanya enak lho.

Lalu masih penasaran dengan wonton, karena rasanya yang nagih, besoknya saya coba buat lagi seperti resep diatas, kali ini pakai dada ayam juga dan saya tambahkan irisan daun bawang.

Lalu buat kulit pangsit sendiri, resepnya sudah pernah saya posting yaitu cara membuat kulit gyouza dengan cara manual.

Karena kesibukan, supaya cepat saya pakai cetakan mini pastel.

wonton dicetak dengan cetakan mini pastel

wonton bentuk mini pastel

Dan juga isiannya saya masukkan dalam tahu yang sebelumnya saya lubangi bagian tengahnya untuk tempat daging, lalu tahu dikukus dulu untuk mengurangi kelembaban (sekitar 10-15 menit).

resep untuk pemula dengan step by step gambar

Wonton berbentuk mini pastel direbus dalam air mendidih, hingga mengambang tandanya sudah matang dalamnya. Tiriskan.

cara membuat kulit wonton

Tahu isi daging ayam saya coba goreng, oh ya wonton mini pastel juga enak digoreng.

wonton udang atau wonton ayam - step by step cara membuatnya

Puas banget bikin masakan wonton ini, baik wonton udang maupun wonton ayam, semuanya enak, baik pakai kulit, maupun tidak pakai kulit, semuanya uenak.

Selamat mencoba ya, Happy Cooking.