HOME
Home » Memasak - instagram @amy_housefp » Resep Sayur Bening – Sayur Bayam dan Jagung – Menu Makan Siang

Resep Sayur Bening – Sayur Bayam dan Jagung – Menu Makan Siang

Posted at November 2nd, 2017 | Categorised in Memasak - instagram @amy_housefp

Bayam adalah jenis sayuran yang mengandung zat besi, bagus banget untuk kesehatan tulang, terutama untuk kaum hawa. Resep sayur bening memiliki bahan utama bayam, jagung dan bumbu kunci. Mudah sekali membuatnya, segar rasanya karena dimasak tanpa minyak, harganya juga murah dan menyehatkan tentunya.

sayur bening jagungMenu sayur bayam ini sudah ada sejak lama, resep tradisional kuno hahaha … turun temurun resepnya tapi tetap enak, segar dan ngangenin. Mengapa dinamakan sayur bening? Karena kuahnya berwarna bening, dan dimasak tanpa menggunakan minyak sama sekali (tidak berminyak).

Sayur bayam dan jagung banyak disukai anak-anak, karena bayam akan menjadi lembut dimakan jika dimasak sayur bening ini. Supaya menu makan siang lebih lengkap, biasanya saya juga membuat dadar jagung/ampal jagung, ikan laut, dan sambal, serta krupuk.

Bahan Sayur Bening adalah :

bahan sayur bening - sayur bayam jagung3 ikat kecil bayam (di pasar deket rumah, 1 ikat besar = 10 ikat kecil2), pilih yang bagus, yang jelek dibuang (disiangi dan dipotong2)
5 buah gambas/oyong, kupas dan potong2 (jangan terlalu kecil potongannya nanti menyusut ukurannya setelah matang)
2 bj jagung manis, potong-potong
3 bj bawang merah, iris halus
Kunci, garam, masako ayam (penyedap) dan gula secukupnya

bahan-bahan sayur bening

Cara Memasak Sayur Bening – Sayur Bayam dan Jagung :

Rebus air untuk kuah, sesuaikan jumlah airnya dengan banyaknya sayur bayam dan oyongnya.

resep untuk pemula

Jika air sudah mendidih, masukkan jagung yang sudah dipotong-potong. Lalu masukkan kunci yang digeprek (dipukul dengan ulekan), lalu bawang merah. Masukkan garam, gula, dan masako secukupnya. Tes rasa. Rasa sayur bening agak manis sedikit (tapi jangan kemanisan juga eneg jadinya).

menu makan siang untuk anak

Masukkan Oyong/gambas, lalu masukkan bayam. Masak SEBENTAR saja sampai mendidih, matikan kompor. Sayur bening siap dihidangkan.

resep untuk pemula cepat dan mudah

Sayur bayam tidak boleh terlalu lama dimasak dalam kuah, cukup sebentar saja hingga air mendidih karena akan cepat layu dan menjadi coklat warna sayurnya.

sayur bening bayam jagung - menu makan siang

Memasak menu Sayur Bening paling tepat untuk makan siang, jika ada lebih porsinya bisa dimakan untuk dinner. Oh ya, sayur bayam tidak boleh dipanasin yah karena saya baca info dari google katanya bisa beracun jika bayam yang sudah matang dipanasin lagi. Jadi sekali masak saja, bisa dinikmati untuk lunch dan dinner. Selain itu, sayur bayam tidak bisa disimpan ya, udah pasti basi esok harinya.

Sekali lagi, memasak Sayur Bening sebaiknya siang hari, untuk menu makan siang dan bisa juga untuk makan malam (tanpa dipanasi lagi – dingin juga enak kok tetap segerrr). Jika ada yang nanyain : masak sayur bening malam hari atau pagi hari masak gak boleh? Boleh2 saja kok Moms … hanya saja saya belum pernah wkwkwk … saya selalu masak siang hari.

Selamat Mencoba, Happy Cooking Moms … Semoga bermanfaat.