Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
HOME
Home » Memasak - instagram @amy_housefp » Resep Sarang Burung Rogut part 1 – Cara Membuat Rogut untuk Sarang Burung, Risoles, atau isian roti tawar segitiga

Resep Sarang Burung Rogut part 1 – Cara Membuat Rogut untuk Sarang Burung, Risoles, atau isian roti tawar segitiga

Posted at November 19th, 2017 | Categorised in Memasak - instagram @amy_housefp

Resep ini dapet dari ngarang hahaha … dulu banget pernah dapet resep sarang burung rogut dari sodara di Surabaya. Tapi resepnya gak jelas banget soalnya dibacain lewat telpon, trus cara masaknya juga gak jelas banget. Jadinya kok kepikir pengen coba sendiri ah alias eksperimen.

sarang burung rogut - cara membuat rogutLalu bagaimana hasilnya? Hahaha kurang sukses buat sarang burungnya tapi lumayan lah semua bilang enak kok. Kenapa begitu? Karena rogut saya sudah sering buat, bisa untuk isian risoles, atau saya taruh diantara dua roti tawar lalu digoreng setelah dicelupin telur kocok dan tepung roti. Jadi rogut nya emang udah sering bikin, Cuma sarang burungnya aja yang belum pernah.

Membuat resep sarang burung rogut sama dengan membuat 2 MACAM, yaitu : ROGUT dan Sarang Burung. Yuk mulai memasak ya …

Bahan Sarang Burung :

400 gram kentang, parut lalu rendam air dan garam secukupnya (seharusnya 1kg untuk jumlah rogut dalam resep ini, tp stok di dapur tinggal 400 gram jadi saya pakai sebagai percobaan saja, sisa rogut bisa saya buat isian roti segitiga yang pakai roti tawar)
Minyak goreng agak banyak untuk menggoreng

resep sarang burung dari kentang

Bahan Rogut :

2 biji wortel, potong dadu kecil, lalu rebus sebentar
1 biji bawang Bombay, Rajang dadu kecil
3 siung bawang putih, cincang halus
1 btg bawang pre, Rajang halus
3 batang sosis sapi, potong dadu kecil (ketinggalan foto)
Separo dada ayam rebus, potong dadu
1 kotak ultra milk full cream 250 ml (warna biru)
3 sdm munjung tepung terigu
200 ml air matang
4 sdm munjung gula pasir
2 sdt garam
1 sdt pala bubuk
2 sdm mentega untuk menumis

resep kue unik - resep kue berbahan kentang

Cara Memasak Sarang Burung Rogut adalah :

Pertama kita harus buat ROGUT nya dulu :

Campur bahan-bahan berikut dalam satu wadah : tepung terigu, air, ultra milk, gula, dan garam. (kita sebut ini Campuran Susu)

resep masakan berbahan kentang

Panaskan mentega, masukkan bawang Bombay, tumis hingga layu. Lalu masukkan bawang putih dan bawang pre, aduk rata hingga harum dan layu.

inspirasi memasak bahan kentang

Lalu masukkan sosis, ayam rebus, wortel, dan pala bubuk, aduk rata.

resep snack untuk anak

Masukkan campuran susu, aduk rata hingga mendidih. Tes rasa.

resep masakan yang disukai anak-anak

Rogut sudah selesai dimasak, pindahkan ke dalam wadah, dinginkan.

resep makanan bahan kentang

Cara Membuat Sarang Burung Eksperimen Pertama :

Peras parutan kentang hingga airnya habis, lalu goreng dalam minyak panas. Saya coba goreng diatas saringan sebagai cetakan, lalu diatas kentang saya tekan dengan sendok kuah besar.

Tapi ternyata eksperimen pertama ini kurang berhasil, karena parutan kentang akan mengambang kepyar semua meskipun ditahan dengan sendok diatasnya. Jadinya akan seperti serundeng (lauk dari parutan kelapa).

bahan utama kentang

Akhirnya saya coba dengan eksperimen kedua membuat sarang burung :

Peras parutan kentang hingga airnya habis, campurkan dalam putih telur (saya pakai satu butir, diambil putihnya aja), aduk rata. Lalu goreng dalam minyak panas.

kue sarang burung rogut

Bagaimana hasilnya? Bisa dikatakan Berhasil, karena nggak kepyar seperti serundeng dan rasanya juga enak. Tapi … ada tapinya, bentuknya yang kurang berhasil, karena jadi berbentuk seperti bakwan/ote-ote, bukan berbentuk sarang burung seperti yang saya inginkan hahaha.

Yah namanya juga masih belajar memasak, mohon dimaklumi ya hihi, tapi rasanya tetap enak banget, semua suka.

Cara Menghidangkan Sarang Burung Rogut adalah dengan memberi sesendok rogut diatas sarangnya (baca : diatas ote-ote nya), lalu diberi irisan telur rebus (optional). Siap dinikmati bersama keluarga.

sarang burung rogut - cara membuat rogut untuk isian risoles

Selesai dengan dua eksperimen yang kurang memuaskan, kepala saya dipenuhi dengan pertanyaan besar kenapa gak bisa sukses ya buat sarang burungnya? Setelah berpikir dan berpikir … ceileee macam detektif aja ya berpikir keras.

Akhirnya saya baru menyadari sesuatu, harusnya saya masukkan tepung terigu saja ke dalam parutan kentang yang sudah diperas, lalu digoreng. Bukan putih telur harusnya, betul begitukah? Haha nantikan eksperimen saya selanjutnya ya … nantikan episode sarang burung rogut part 2 … penasaran banget soalnya.

Jika mungkin ada master atau suhu dalam dunia memasak yang tidak sengaja membaca artikel ini, mohon advice nya ya buat saya yang masih newbie … silahkan mengisi kolom komentar di bawah artikel ini. Ditunggu ya advice nya Master/Suhu yang baik hati mau sharing ilmu memasaknya, terima kasih banyak.

Tapi jangan kuatir dengan resep sarang burung rogut part 1 ini, eksperimen kedua rasanya enak kok, hanya bentuknya saja yang belum menyerupai sarang burung, jadi jangan takut mencoba resepnya ya hahaha, happy cooking