Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
HOME
Home » Memasak - instagram @amy_housefp » Resep Pempek Lenjer Ikan Kakap Merah/Ikan Bambangan – Belajar Membuat Pempek part 2

Resep Pempek Lenjer Ikan Kakap Merah/Ikan Bambangan – Belajar Membuat Pempek part 2

Posted at November 15th, 2017 | Categorised in Memasak - instagram @amy_housefp

Akhirnya sukses juga mengeksekusi ikan kakap merah/Bambangan menjadi Pempek Lenjer, kali ini hasilnya empuk dan kenyol-kenyol enak lho rasanya. Ngga seperti percobaan pertama kemarin yang kurang sip, yaitu pempek kapal selam ikan gaje. Hahaha saya coba tambahin airnya dan kurangi tepung kanjinya, serta ngga diuleni lama-lama adonannya saat dituangin tepung kanji, cukup diaduk pake sendok aja sebentar asal merata aja tepungnya. Berarti suspect nya kemarin benar.

pempek lenjer ikan kakap merah siap dinikmatiSemua pada bilang enak pempek lenjer ikan kakap merah nya, duh senengnya liat semua cicipin pempek ini trus bilang enak. Sayangnya hiks ada sayangnya lho … saya masak Cuma sedikit banget hahaha masih agak trauma dengan kegagalan pempek kapal selam kemarin.

Sampai-sampai muncul sebuah komentar demikian, kalo masaknya sedikit kok enak ya, tapi pas masak banyak kok agak kurang ya rasanya, hahaha … namanya juga masih belajar memasak ya gini deh, masih on the way menuju rasa masakan yang stabil, doakan ya.

Bahan Membuat Pempek Lenjer Ikan Kakap Merah/Bambangan :

pempek terbuat dari ikan apa150 gram daging ikan kakap merah, haluskan lalu simpan di freezer sebentar sambil menyiapkan bahan-bahan lainnya (biar segar ikannya)
1 putih telur
3 siung bawang putih, haluskan
100 gram tepung kanji
50 ml air dingin dari kulkas
Garam, gula dan merica secukupnya.

Cara Memasak Pempek Lenjer Ikan Kakap Merah/Bambangan :

Campurkan semua bahan KECUALI tepung kanji. Untuk airnya dimasukkan terakhir setelah daging ikan kakap diuleni dengan bawang putih, putih telur, garam, gula dan merica.

bisakah membuat pempek dari ikan selain tengiri

Masukkan tepung kanji sedikit demi sedikit sampai tepung habis, cukup diaduk rata dengan sendok. Jangan diuleni kelamaan nanti alot pempeknya.

resep membuat pempek lenjer

Lalu siapkan talenan/meja bersih taburi dengan tepung kanji agar adonan tidak lengket. Ambil sebagian adonan lalu bentuk panjang-panjang di talenan tersebut. Jangan lupa tangan juga dibedakin pake tepung kanji agar adonan tidak lengket.

resep makanan kesukaan anak-anak

Rebus air hingga mendidih. Masukkan pempek lenjer yang sudah dibentuk. Tunggu hingga mengambang tandanya matang, sekitar 5-10 menit. Angkat, tiriskan.

pempek lenjer ikan kakap merah

Pempek siap digoreng, mau disimpan di kulkas juga bisa, mau digoreng besok-besoknya.

cara membuat pempek lenjer - resep pempek lenjer

Pempek Lenjer siap dinikmati bersama keluarga.

cara memasak pempek lenjer

Ayo tetap semangat untuk siapa saja yang masih pemula seperti saya di dapur, percayalah practice makes perfect. Jangan menyerah jika hasil masakan kita gagal alias masih kurang enak, semakin kita rajin, nanti pasti enak kok. Saya juga masih perlu banyak belajar. Ciayooo … tetap semangat ya.

Selamat Mencoba Resep Pempek Lenjer Ikan Kakap Merah/Ikan Bambangan, semoga bermanfaat yah, happy cooking.