HOME
Home » Memasak - instagram @amy_housefp » Resep Nasi Ayam Hainan Mudah dan Cepat – Hainan Chicken Rice

Resep Nasi Ayam Hainan Mudah dan Cepat – Hainan Chicken Rice

Posted at December 7th, 2017 | Categorised in Memasak - instagram @amy_housefp

Dulu pernah nyobain masak nasi ayam Hainan, kok ribet amat kayaknya waktu itu, sampai-sampai saya agak kapok mau masak nasi ayam Hainan lagi. Tapi kok kepengen ya, rasa wanginya ayam Hainan keinget terus hihihi … akhirnya lembur deh belajar baca-baca resep-resep dari internet.

nasi ayam hainan - resep untuk pemula

Ada banyak cara memasak yang berbeda dari chef2 hebat di cookpad dan google, dan juga bumbu-bumbu yang berbeda-beda, saya coba membuat versi saya sendiri, maksudnya saya baru coba eksperimen memasak nasi ayam Hainan yang bagi saya mudah dan cepat. Masih belajar juga lhooo … eh ternyata hasilnya uenakkkk rasanya mantap banget sama seperti nasi ayam Hainan yang di resto itu lho tapi cara memasaknya mudah buat saya.

Mungkin kalau temen-temen mau coba silahkan karena dijamin gampang apalagi untuk saya yang masih baru-baru aja belajar masak hehe …

Bahan Memasak Nasi Ayam Hainan :

cara paling mudah memasak nasi ayam Hainan1 ekor ayam kampong, belah jadi empat bagian
5 cup beras, cuci lalu tiriskan.
14 siung bawang putih, cincang halus
5 ruas jahe, cincang halus
7 sdm kecap rajarasa
5 sdm minyak wijen
Garam secukupnya
4 sdm Minyak goreng untuk menumis
4 batang daun bawang, iris tipis, sebagai taburan

Cara Memasak Hainan Chicken Rice :

Rebus air satu panci (kurang lebih 3 liter = 2 botol besar aqua), jika mendidih masukkan ayam kampung. Buangi kotoran-kotoran yang mengambang. Biarkan ayam direbus agak lama. Ini kita sebut kaldu ayam.

resep mudah memasak nasi ayam Hainan

Sementara itu, biasanya saya pakai kompor sebelahnya, panaskan minyak goreng, tumis bawang putih, aduk sebentar lalu masukkan jahe. Aduk-aduk jangan sampai gosong ya, pakai api sedang saja.

menu makan siang

Hingga warna bawang putih dan jahe kecoklatan tapi jangan sampai gosong ya, lalu matikan kompor.

menu makan malam

Masukkan kecap raja rasa, minyak wijen dan 1 sdt garam, lalu didihkan sebentar saja, matikan kompor.

tips memasak cepat dan mudah - nasi ayam hainan

Ambil sekitar 1/3 tumisan bawang putih dan jahe, simpan di mangkok. Ini nanti untuk bumbu diatas ayam kampung rebus.

Lalu masukkan 2/3 dari tumisan bawang putih dan jahe, ke dalam panci yang berisi ayam kampung tadi.

cara paling mudah memasak nasi ayam Hainan

Tambahkan 1 sdt garam lagi dalam kaldu ayam, lalu tes rasa. Jika rasa sudah pas, masukkan kuah kaldu ayam ke dalam beras yang sudah dicuci, jumlahnya seperti takaran biasanya kita masak nasi, lalu masak di dalam magic com.

resep mudah untuk pemula - hainan chicken rice

Lalu cek ayam kampung, apakah sudah empuk, jika belum empuk, rebus lagi sampai benar-benar empuk dan bumbu meresap, rebus dengan api kecil agar kuah tidak cepat habis. Jika jumlah kuah terlalu sedikit, boleh ditambahkan air secukupnya. Dan jangan lupa tes rasa lagi.

Jika ayam sudah empuk, tiriskan ayam dan atur dalam piring saji, taburi dengan 1/3 tumisan bawang putih dan jahe tadi. Lalu sisa kaldu ayam, saring dan sajikan sebagai kuah di mangkok kecil, dengan ditaburi irisan daun bawang.

Saat nasi di magic com baru matang, tambahkan 1 sdm mentega, aduk rata hingga bagian bawah, lalu tutup sejenak 15 menit.

hainan chicken rice - resep dengan gambar step by step

Nasi ayam Hainan siap dihidangkan.

Musim hujan makan nasi ayam Hainan so yummy … harus ayam kampung ya agar tidak banyak lemaknya. Wangi bawang putih dan jahe membuat nasi nambah terussss … uenak poll pokoknya.

Selamat mencoba ya, happy cooking.