HOME
Home » Memasak - instagram @amy_housefp » Resep Lumpia Goreng isi Sayuran

Resep Lumpia Goreng isi Sayuran

Posted at January 22nd, 2018 | Categorised in Memasak - instagram @amy_housefp

Bikin lumpia paling enak kalo ada rebung nya. Sayangnya saya nggak punya rebung, jadi sebagai latihan masak lumpia, saya pakai bahan seadanya di kulkas aja, yang penting enak lah meskipun nggak seenak kalau pake rebung wkwk. Resep lumpia sayuran enak banget buat cemilan sore, ditemani teh manis atau kopi hangat, yuk dicobain ya resepnya.

cara membuat lumpiaUntuk kulit lumpia, sudah saya posting sebelumnya dengan judul Cara Membuat Kulit Lumpia. Atau kalau nggak mau repot, bisa juga beli kulit lumpia yang sudah jadian di pasar/supermarket ya.

Bahan isian Lumpia Sayuran :

2 buah wortel, potong korek api
½ kg Tauge/kecambah panjang
75 gram udang kecil
2 batang daun bawang, iris2
4 siung bawang merah, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm kecap raja rasa
1 sdm saus tiram (saya pakai ABC)
Boleh ditambah Royco secukupnya
Garam, gula dan merica secukupnya
2 sdm minyak untuk menumis

resep lumpia goreng

Cara Memasak isian Lumpia sayuran :

Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Lalu masukkan udang, kecap raja rasa dan saus tiram.

cara memasak lumpia sayuran

Jika udang sudah berubah warna, masukkan wortel, aduk hingga wortel agak layu, Lalu masukkan garam, merica, royco, dan sedikit gula. Kemudian tambahkan air sedikit saja (kurleb 50ml), setelah mendidih tes rasa. Harus agak asin yak arena tauge/kecambah belum masuk.

resep untuk pemula - lumpia sayuran

Jika rasa sudah pas, masukkan tauge, aduk rata hingga agak layu. Tauge/kecambah jangan terlalu lembek, kurang enak dimakan kalau terlalu matang.

resep dengan gambar step by step

Dinginkan isian lumpia, siap digunakan.

Cara Membuat Lumpia sayuran :

Ambil selembar kulit lumpia, lalu tuang satu sendok makan isian lumpia sayuran. Lipat seperti amplop. Kalau kurang paham cara melipatnya, mungkin bisa cari di you tube yah, susah jelasinnya pakai tulisan wkwkwk.

resep dengan foto langkah-langkah memasaknya

Buat satu per satu hingga adonan kulit atau isian lumpia habis.

cara membuat kulit lumpia

Lalu goreng lumpia dalam minyak panas hingga kecoklatan.

lumpia tanpa rebung

Lumpia isi sayuran siap dihidangkan dengan sambal cocolan (nggak sempat buat saus nya hiks)

Senengnya kali pertama membuat lumpia sayuran cukup berhasil, review yang sudah mencicipi, katanya sayang isinya bukan rebung wkwkwk, tapi kulit lumpia nya enak. Gpp yang penting happy.
Selamat mencoba ya, happy cooking.