Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
HOME
Home » Memasak - instagram @amy_housefp » Resep Lodeh Nangka Muda dengan 3T (terong, tahu, tempe) – Lodeh Tewel dengan Tempe Bosok

Resep Lodeh Nangka Muda dengan 3T (terong, tahu, tempe) – Lodeh Tewel dengan Tempe Bosok

Posted at November 17th, 2017 | Categorised in Memasak - instagram @amy_housefp

Setiap kali eksekusi resep lodeh nangka muda dengan 3T, selalu buat sepanci bueeesaarr untuk dimakan 2-3 hari. Menu Lodeh semakin dipanasi semakin uenak rasanya , bumbunya makin meresap, mantap pokoknya. Jadi masaknya sekaligus banyak, serumahan suka semua sama lodeh tewel, apalagi ditambahi tempe bosok makin mantap bumbunya (bukan busuk yang gimana ya, tapi tempe yang sudah 5-6 harian disimpan di kulkas gitu).

resep lodeh nangka muda dengan 3T - Lodeh Tewel dengan Tempe BosokMisalnya merasa kebanyakan dosis resepnya, bisa coba setengah or seperempat resep aja ya hehe. Kalo saya masaknya kayak orang mau ada acara apaan gituh, sepanci gede hahaha. Yuk mulai memasaknya.

Bahan Lodeh Nangka Muda dengan 3T :

tips memasak untuk pemula1 kg Nangka Muda yang sudah dipotong2. Cuci bersih lalu rebus hingga agak empuk. Saya biasa rebusnya diberi minyak sedikit di airnya agar getah nangka tidak lengket2 di panci nya. Tiriskan.
2 Lombok Merah besar, iris tipis2 (totalnya saya pakai 4 biji, yang 2 biji lainnya dihaluskan barengan bumbu halus lainnya)
2 Lombok Hijau besar, iris tipis2
6 Cabe rawit utuh (yang suka pedas silahkan mau diiris tipis2 boleh atau ditambah jumlahnya monggo ya, sesuai selera aja)
3 ruas Laos, geprek
2 ruas jahe, geprek
2 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
1,5 liter santan diperas dari parutan kelapa yang dibeli 1kg di pasar
2 biji terasi ABC sachet kecil
2 sdm ebi
7 biji Tahu, potong2 lalu goreng setengah matang (optional)
½ papan tempe, potong2 lalu goreng setengah matang (optional)
2 biji terong, dipotong2 dan harus direndam air. Terong akan menghitam kalau tidak langsung dimasak, kalau direndam air tidak akan menghitam.
Kaldu ayam sekitar 1 liter (biasa saya rebus tulangan ayam)
Gula merah, gula pasir dan garam secukupnya.
4 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus untuk masak Lodeh Tewel dengan Tempe Bosok :

12 siung besar2 bawang merah (sekitar 100 gram)
8 siung besar2 bawang putih (sekitar 50 gram)
2 Lombok Merah besar
5 biji kemiri
5 ruas kunyit
2 sdm munjung ketumbar bubuk (saya biasa beli ketumbar yg masih bulet2 di pasar, lalu disangrai di wajan tanpa minyak dengan api kecil hingga agak kecoklatan dan harum, lalu diulek dan simpan di wadah tertutup)
1 potong tempe bosok (sekitar 150 gram beratnya), dihaluskan tapi jangan dicampur dengan bawang2an.

cara memasak lodeh nangka muda dengan tahu tempe terong

Cara Memasak Lodeh Nangka Muda dengan 3T :

Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan tempe bosok, ebi, terasi ABC, Laos, jahe, daun jeruk dan daun salam. Aduk rata.

resep makanan khas Indonesia sehari-hari

Jika mulai agak gosong, tambahkan air kaldu ayam secukupnya (tidak perlu semua kaldu dituangin, secukupnya agar tidak gosong saja). Tambahkan irisan Lombok merah dan Lombok hijau serta cabe rawit, gula merah, garam dan gula pasir. Tunggu hingga mendidih.

resep masakan sehari-hari di rumah

Masukkan Nangka Muda, aduk rata hingga terlumuri bumbu. Lalu matikan kompor, pindahkan dalam panci besar yang berisi sisa kaldu ayam.

resep memasak dengan gambar-gambar step by step

Lalu masukkan tahu dan tempe, tunggu hingga mendidih lalu masukkan santan. Harus sesekali diaduk ya agar santan tidak pecah. Jika sudah mendidih, tes rasa.

lodeh tewel dengan tahu tempe

Jika rasa sudah enak dan pas, terakhir masukkan terong yang sudah dipotong-potong. Tunggu hingga terong empuk, matikan kompor.

cara mudah memasak lodeh terong

Lodeh Nangka muda dengan 3T siap dihidangkan dengan peyek udang.

yuk belajar memasak

resep untuk pemula

Bahan utama masakan ini adalah nangka muda, sangat murah lho harganya di pasar, saat beli tadi pagi hanya 7000 rupiah per kg. Dapetnya banyak untuk makan 2-3 harian hahaha pengiritan namanya. Murah meriah dan enak.

Yuk segera dicoba resep lodeh nangka muda dengan 3T (Terong, Tempe dan Tahu), semoga bermanfaat ya, happy cooking.