HOME
Home » Memasak - instagram @amy_housefp » Resep Ketan Vla Pampakin

Resep Ketan Vla Pampakin

Posted at January 23rd, 2018 | Categorised in Memasak - instagram @amy_housefp

Mencoba eksperimen resep ketan Vla Pampakin, wah ternyata rasanya luar biasa enak, suamiku bilang ini seperti makan kue wajik tapi rasa durian. Wajik juga dibuat dari beras ketan dan gula merah, biasanya berwarna coklat, dipotong bentuk kotak atau jajar genjang. Nah yang pernah makan jajan wajik, pasti bisa bayangin wajik rasa durian hehe.

Pernah makan Pampakin/Paken? Pampakin atau beberapa menyebutnya buah Elai adalah buah durian dari Kalimantan. Bentuk kulit luarnya sama persis dengan durian yang sering kita makan, tapi beda di bagian daging buahnya. Terdapat biji beton juga di dalam daging buahnya, jadi benar-benar saudara kembarnya durian. Wanginya juga sama dengan durian.

resep ketan vla pampakinBedanya apa antara Pampakin dan Durian? Warna daging buah Pampakin orange/kuning tua, sedangkan durian kuning muda. Trus Pampakin kurang berair dibandingkan durian, rasanya seperti kita makan durian yang agak kering gitu. Menurut info di google (karena saya belum pernah makan pampakin jumlah banyak), makan buah ini jumlah banyak tidak akan membuat pusing/mabuk seperti makan durian, berarti alkoholnya rendah kali ya.

ketan durian pampakin

Membuat Ketan Vla Pampakin = Vla Pampakin + Beras Ketan

Bahan Membuat Ketan Vla Pampakin :

Bahan Vla Pampakin :

250 gram daging buah Pampakin (bijinya dikeluarin ya)
100 ml santan kara + 300 ml air
200 ml air tambahan
6 sdm gula pasir
2 sdm gula merah sisir
½ sdt garam
1 sachet susu bubuk (saya pakai dancow)

resep ketan durian pampakin

Bahan Beras Ketan :

250 gram beras ketan putih, cuci lalu rendam dalam air setidaknya satu jam
100 ml santan kara + 350 ml air
2 lembar daun pandan
2 sdt garam
1 sdm gula pasir

Cara Memasak Ketan Vla Pampakin :

Memasak beras ketan dahulu :

Siapkan pengukus, supaya lebih cepat prosesnya. Sambil menunggu air kukusan mendidih, bisa lanjut ke tahap berikutnya.

Tuang air dan santan kara di wajan, aduk rata lalu nyalakan kompor dengan api sedang. Masukkan daun pandan, garam dan gula. Jika mendidih tes rasa (harus agak asin-gurih karena beras ketan belum masuk).

masakan mudah dan enak

Buang air rendaman beras ketan, lalu masukkan beras ketan dalam wajan berisi santan, aduk-aduk hingga air habis tapi jangan sampai gosong ya. Tahap ini seperti kita masak nasi jaman dulu (di-aron).

resep mudah untuk pemula

Lalu masukkan beras ketan yang sudah habis airnya ke dalam pengukus yang sudah mendidih airnya. Masak sekitar 30 menit hingga beras ketan matang (prosesnya persis cara memasak nasi tradisional sebelum ada magic com).

Wajan bekas beras ketan tidak perlu dicuci, nanti akan dipakai untuk fla pampakin, sama2 berbahan santan, tidak masalah dipakai lagi #hemattenaga.

Cara Membuat Vla Pampakin :

Blender pampakin dicampur dengan santan dan air 300 ml. Lalu pindahkan dalam wadah lain.

ketan durian

Masukkan 200 ml air lagi ke dalam blender bekas pampakin, nyalakan blender sebentar. Tujuannya untuk membersihkan sisa-sisa pampakin yang menempel pada blender, karena pampakin + santan cukup kental hasilnya. Tuangkan air di blender ke dalam wajan bekas beras ketan, nyalakan kompor dengan api kecil, tuangkan susu bubuk, gula merah, gula pasir dan garam. Aduk hingga gula merah meleleh dan susu bubuk tidak menggumpal.

cara membuat vla durian pampakin

Lalu tuangkan pampakin yang tadi diblender, aduk rata. Jika mendidih, tes rasa (harus manis rasanya).

resep mudah untuk pemula

Jika rasa sudah pas, matikan kompor.

cemilan kesukaan anak-anak

Siap dihidangkan dengan penyajian beras ketan di bagian bawah, lalu vla pampakin disiramkan di bagian atas ketan. Rasanya sangat enak, balance antara asin-gurih nya beras ketan, dicampur dengan vla pampakin yang manis.

siap dinikmati ketan vla durian

Beberapa hari sudah pampakin tergeletak di kulkas nggak ada yang makan, mungkin karena rasanya kurang familier di lidah kami, untunglah eksperimen resep vla pampakin berhasil dengan sukses, jadinya dengan metamorphosis ini, pampakin jadi laris manis semua suka hehehe.

Selamat Mencoba ya, Happy Cooking.