Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
HOME
Home » Memasak - instagram @amy_housefp » Resep Ayam Goreng Ungkep – Ayam Goreng Bumbu Kuning – Ayam dibumbuin & direbus hingga empuk bumbu meresap lalu digoreng

Resep Ayam Goreng Ungkep – Ayam Goreng Bumbu Kuning – Ayam dibumbuin & direbus hingga empuk bumbu meresap lalu digoreng

Posted at November 10th, 2017 | Categorised in Memasak - instagram @amy_housefp

Resep ayam goreng ungkep ini sering juga disebut ayam goreng bumbu kuning, karena setelah dibumbuin (saat siap digoreng) warna ayamnya kuning karena ada kunyit dalam bumbunya. Ayam goreng dimasak dengan resep ini sangat empuk dan wangi, sukaaaaa banget, apalagi dicocol sama sambal terasi dan nasi hangat, nambah terusss …

ayam goreng bumbu ungkep - ayam goreng bumbu kuningResep ini saya dapatkan dari cookpad, tapi sudah lupa resepnya Ibu/Mbak siapa, karena saya kalau baca resep kayak baca webtoon wkwkwkwk saya banyak baca resep dengan judul yang sama, lalu biasanya saya rangkum gitu bahan-bahannya apa & cara masaknya juga, jadinya bingung ini resep siapa. Kayak tugas sekolah aja ya dirangkum hihihi.

Btw, terima kasih banyak untuk Ibu-Ibu ataupun Mbak-Mbak yang selama ini banyak share resep-resep di cookpad, sangat bermanfaat dan sangat membantu pemula di dapur seperti saya. Mungkin saya tidak akan pernah belajar memasak jika tidak ada cookpad, karena guru memasak sekaligus ibuku tercinta sudah pergi meninggalkan dunia ini. Duh pagi-pagi kok udah melow.

Udah sering banget masak ayam goreng bumbu ungkep, karena masaknya cepat, praktis, mudah dan uenaakkk. Yuk mulai masaknya …

Bahan Ayam Goreng BUmbu Ungkep :

bahan memasak ayam goreng bumbu ungkep

800 gram ayam negeri, potong-potong
8 siung besar2 bawang merah
4 siung besar bawang putih
5 bj kemiri
4 ruas kunyit, kupas kulitnya
2 ruas jahe, kupas kulitnya
10 lembar daun jeruk
1 sdm munjung ketumbar yang sudah dihaluskan
Garam, merica dan gula secukupnya
2 sdm Minyak goreng untuk menumis

Cara Memasak Ayam Goreng BUmbu Ungkep :

Haluskan Bumbu-bumbu : bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, ketumbar, gula dan garam.

cara memasak ayam goreng dengan bumbu ungkep

Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan 2 sdm minyak goreng, masukkan daun jeruk, tumis hingga harum kecoklatan (jangan sampai gosong ya)

step by step resep ayam goreng dengan gambar

Masukkan ayam, aduk-aduk beberapa menit (1-2 menit) agar ayam terlumuri bumbu

cara memasak ayam goreng ungkep

Tuang air hingga ayam terendam. Masukkan garam, merica dan gula.

memasak dengan bahan ayam

Lalu tutup wajan agar bumbu meresap dan ayam empuk. Masak sekitar 20 menit dengan api sedang saja, jangan terlalu besar apinya supaya air tidak mudah habis. Lalu Tes rasa. Sesekali ditengok diaduk jangan sampai kehabisan airnya nanti gosong. Jika air mau habis, boleh saja ditambah air lagi jika ayam masih belum empuk.

bahan ayam mau masak apa ya hari ini

Jika bumbu sudah meresap dan ayam sudah empuk sekitar 20-25 menit diungkep, matikan kompor lalu tiriskan ayamnya. Goreng dengan minyak banyak hingga kecoklatan.

ayam bumbu kuning siap digoreng

Ayam Goreng Bumbu Ungkep/Ayam Goreng Bumbu Kuning Siap dihidangkan.

ayam goreng ungkep/bumbu kuning siap dihidangkan

Pada saat ayamnya diungkep (ditutup), tes rasanya harus agak asin dan manis (rasa kuat), supaya rasa meresap ke dalam daging ayamnya. Saat awal-awal mencoba resep ini, saya pernah tes rasa CUKUP saja asin manisnya seperti saya cicip kuah soto. Ternyata saat sudah jadi, dan sudah digoreng, saat dimakan rasa daging ayamnya hambar, Cuma kulit luarnya aja yang pas rasanya.

Trial and error dalam proses memasak akan membuat kita terlatih menemukan rasa yang pas untuk menu yang kita masak.

Selamat Mencoba Resep Ayam Goreng BUmbu Ungkep/Ayam Goreng Bumbu Kuning, semoga bermanfaat. Happy Cooking.