HOME
Home » Memasak - instagram @amy_housefp » Resep Ayam Goreng Saos Inggris – Resep Bahan Ayam Mudah dan Cepat

Resep Ayam Goreng Saos Inggris – Resep Bahan Ayam Mudah dan Cepat

Posted at February 21st, 2018 | Categorised in Memasak - instagram @amy_housefp

Saya mengenal resep ayam goreng saus inggris sejak saya kecil dulu, my Mom belajar resep mudah ini dari iparnya. Masa kecil saya tinggal di Muncar, sebuah kota kecil penghasil ikan terbesar no. 2 di Indonesia setelah Bagan Siapi-api. Karena di Muncar Udang melimpah, jadinya resep saus inggris ini lebih banyak dimasak menggunakan Udang yang besar-besar dibandingkan ayam. Dan Udang goreng saos inggris lebih wangi dan sedap dibandingkan ayam hehe … asal udangnya segar lho ya. Tinggal buang kupala udang, kerat bagian punggung udang yang masih ada kulit dan ekor, lalu selanjutnya proses memasaknya sama dengan ayam di bawah ini.

resep ayam goreng saos inggrisResep saus inggris ini sangat mudah dan juga cepat proses memasaknya. Rasa dari menu ini adalah asam manis, tapi berbeda rasanya dengan asam manisnya koloke yang menggunakan cuka dan gula. Yuk kita buktikan saja kelezatan ayam goreng saos inggris hehe

Bahan Ayam Goreng Saus Inggris :

700 gram ayam negeri/ras, potong-potong (jangan terlalu besar potongannya)
1 biji bawang Bombay, iris panjang-panjang
3 siung bawang putih, cincang halus
1 btg bawang pre (ambil bagian putihnya saja), potong-potong (bawang pre optional ya, ini kebetulan saya ada sisa di kulkas hehe)
2 batang daun bawang, potong-potong kurleb 1 cm an
1 sdm munjung mentega, untuk menumis bawang
1/2 sdm kecap manis sebagai pewarna saja (optional)
1 sdm munjung tepung kanji/maizena untuk mengentalkan sausnya
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam

resep masakan sehari-hari

Buat Campuran Saus di Mangkok :

3 sdm kecap saos inggris (jangan lupa kocok dulu sebelum dituang, biasanya ada endapan di bagian bawah botolnya)
6-8 sdm munjung gula pasir
1 sdt garam
150ml (kurleb) air panas/hangat
Aduk rata hingga gula larut, tes rasanya. Jika kurang manis boleh ditambahkan gula, kalau kurang asam boleh ditambahkan saus inggris. Rasa agak strong karena ayamnya tidak dibumbui apa-apa, nanti hanya dibumbui saus ini saja.

Cara Memasak Ayam Goreng Saus Inggris :

Panaskan minyak goreng, lalu masukkan ayam, goreng hingga berwarna kecoklatan (jangan terlalu kering juga nanti keras ayamnya), masak dengan api sedang.

menu masakan mudah di rumah

Jika sudah matang kecoklatan, angkat ayam goreng, tiriskan.

cara mudah memasak ayam

Pakai penggorengan bekas ayam tadi (minyak gorengnya tidak diperlukan), masukkan mentega lalu tumis bawang putih, bawang bombay dan bawang pre. Aduk hingga bawang Bombay layu, hingga harum semua bawangnya.

resep kesukaan anak-anak

Lalu tuang campuran saus di mangkok, tapi sisakan sedikit untuk dicampur dengan kanji/maizena agar kental sausnya. Tunggu hingga mendidih, tes rasa. Jika sudah pas, masukkan potongan daun bawang. Dan kecap manis sebagai pewarna.

udang goreng saos inggris

Lalu masukkan ayam goreng, aduk rata.

resep bahan ayam mudah dan praktis

Terakhir masukkan air kanji secukupnya (dikira-kira jangan kebanyakan nanti sausnya jadi lem kalau terlalu kental hehe).

resep masakan sehari-hari untuk pemula

Ayam goreng saos inggris siap dihidangkan.

resep untuk pemula - ayam goreng saos inggris

Menu sederhana bahan ayam yang enak, praktis dan mudah, selain ayam, menggunakan bahan udang berukuran besar juga enak lho. Yuk dicoba resep ayam goreng saus inggris nya, happy cooking Moms.