Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
HOME
Home » Memasak - instagram @amy_housefp » Pempek Kapal Selam Ikan GAJE – Latihan Memasak Pempek Kapal Selam part 1

Pempek Kapal Selam Ikan GAJE – Latihan Memasak Pempek Kapal Selam part 1

Posted at November 13th, 2017 | Categorised in Memasak - instagram @amy_housefp

Dari pasar dapatnya 3 ekor ikan lumayan seger, yang belanja ayah trus gak tau nama ikannya *tepokjidat … trus ini resep mau dinamain pempek dari ikan apa ya? Terpaksa dinamain ikan GAJE aja yah maap2 … namanya juga orang tua yang belanja, mohon dimaklumin ya guys hihihi… gak tau nama ikannya juga tetep dibeli aja nih si ayah, alasannya ikannya seger.

resep pempek kapal selamTrus kenapa ikan GAJE yang gak jelas namanya dibuat pempek? Kok gak masak menu lainnya? Karena daging ikannya cukup tebel dan halus modelnya seperti ikan tengiri. Inipun gak berani masak langsung 3 ekor ikan, saya ambil 250 gram aja daging ikannya (sekitar 1,5 ekor saja sisanya akan dimasak menu lain). Jadilah coba-coba praktekkan resep pempek kapal selam ikan GAJE.

Secara rasa sudah enak kata si bungsu dan suami, tapi masih harus belajar lagi terutama cara bungkus telur di dalamnya, masih ada bocor beberapa. Dan juga kekenyalannya kurang empuk dikit alias rada alot.

Namanya juga masih belajar masak hehe … tapi seneng banget lho ngeliat bisa jadi bentuk kapal selamnya, trus abis digoreng saat hangat-hangat dimakan enak banget. Paling enak dimakan sama cuko, tapi kemarin gak sempat buat cukonya, masih konsentrasi belajar membuat kapal selam wkwkwk kapalnya masih suka bocor belum perfect.

Bahan membuat pempek kapal selam ikan GAJE :

resep dengan gambar langkah-langkah memasaknya250 gram ikan, ambil dagingnya saja tanpa tulang dan kulit lalu haluskan (saya ulek sih kemarin)
3 siung bawang putih haluskan
2 buah telur, ambil 1 putih telur untuk dicampur adonan ikan, kuningnya dicampur dengan 1 butir telur satunya untuk isian (dikocok dengan garam sedikit)
175 gram tepung kanji
50 ml air es
Garam dan merica secukupnya

Cara Memasak Pempek Kapal Selam :

Campur jadi satu ikan GAJE yang sudah dihaluskan + bawang putih + putih telur + garam + merica, aduk rata. Tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit, sambil terus diuleni. Sampai tepung kanji habis dan tercampur rata.

cara memasak pempek kapal selam

Siapkan telur kocok untuk isian. Dan tepung kanji untuk tangan agar tidak lengket saat memasukkan telur isian.

step by step cara memasak pempek kapal selam

Rebus air pada panci hingga mendidih, lalu masukkan pempek yang sudah diisi telur. Masak sekitar 10-15 menit jika sudah mengapung, angkat.

cara memasak pempek kapal selam

 

Sebaiknya ditimbang satu per satu adonannya supaya ukurannya sama biar cantik, kemarin saya masak gak pake timbang jadinya pempeknya besar dan kecil bentuknya hahaha next time mau buat lagi yang lebih baik. Dan dengan jenis ikan yang JELAS.

resep untuk pemula - belajar memasak mudah

Goreng pempek hingga kuning kecoklatan, angkat tiriskan. Pempek kapal selam siap dinikmati bersama keluarga.

resep makanan khas palembang pempek kapal selam

Masih penasaran sama pempek kapal selam, nanti kalau dapat ikan yang jelas dan segar mau coba buat lagi hehehe …

Setelah merasa kurang berhasil dengan latihan memasak pempek kapal selam part 1, saya membaca lagi kitab-kitab resep yang ada di cookpad dan instagram, belajar lagi kenapa ya kok rada alot pempek nya, dan sementara jawaban yang saya temukan adalah (suspect) :
– Jumlah air kurang banyak
– Saat memasukkan tepung kanji, tidak perlu diuleni terus menerus, cukup diaduk dengan sendok pengaduk sebentar saja asal rata (memasukkan tepung kanjinya sedikit demi sedikit jangan sekaligus).

Untuk membuktikan kebenaran suspect tersebut, nantikan resep memasak pempek kapal selam edisi berikutnya ya hehe … kali ini berbagi pengalaman memasak yang kurang perfect. Semangat terus … latihan terus … sampai berhasil. Ciayooo hehehe.