Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Membuat Kulit Lumpia – Resep Kulit Lumpia

Dapet resepnya dari cookpad, terima kasih ya teman-teman di cookpad sudah menjadi guru memasak saya. Resep apa saja disana lho, tinggal kita nya aja mau rajin belajar apa enggak, hehe inget2 jaman sekolah aja ya harus belajar.

Seringkali bingung pilihnya mau resep yang mana di cookpad, karena saking banyaknya resep-resep serupa yang diposting. Misalnya kita ketik kulit lumpia, maka yang keluar ada ribuan resep tentang kulit lumpia, mau pilih yang mana? Hahaha pasti bingung pilihnya.

kulit lumpia anti sobekBiasanya saya coba rangkum dari 10 resep bahkan lebih, yang bahan-bahannya sama (kurang lebih sama), meskipun takarannya beda-beda, berarti resep ini bener wkwkwk ini rumus saya sendiri lho ya guys, meskipun bukan hal yang pakem/pasti tapi saya praktekkan begini lumayan, rata2 jadi masakannya dan enak.

Yuk mulai belajar membuat kulit lumpianya.

Bahan membuat kulit lumpia :

250 gram tepung terigu
2 sdm tepung kanji
1 sdm Tepung Beras
2 sdm minyak goreng
1 butir telur ayam
Kurleb 500 ml air
Secukupya garam dan merica

Cara Membuat Kulit Lumpia :

Siapkan wadah yang bisa menampung semua bahan, lalu dimulai dengan mengocok telur, lalu masukkan semua bahan, aduk rata. Jika diaduk masih menggumpal, bisa disaring. Kemarin saya juga saring sampai tidak ada gumpalan.

Takaran air bisa dikira-kira, semakin encer akan semakin tipis kulitnya. Trial and error akan membuat kita lebih ngerti seberapa kekentalan yang paling tepat untuk kulit lumpia yang kita inginkan.

tips memasak kulit lumpia

Siapkan wajan Teflon dengan api kecil, olesi/kuas tipis dgn minyak goreng (kalau teflonnya bagus sepertinya ngga perlu diberi minyak lagi, ini punya saya Teflon sejak tahun 2000 agak lengket kalo nggak diolesin minyak)
Tuang 2 sendok adonan, putar/miring2kan Teflon supaya adonan merata di permukaan Teflon.

cara mudah membuat kulit lumpia

Jika sudah mulai muncul gelembung tandanya sudah bisa diangkat. Balik Teflon dengan piring datar di bawahnya, sehingga kulit lumpia akan jatuh ke piring.

Buat satu per satu hingga adonan habis.

Jika sudah dingin, kulit lumpia siap digunakan.

Tips Memasak Kulit Lumpia :

Kulit lumpia jangan terlalu kering nanti mudah pecah/robek

Kulit Lumpia tidak perlu dibolak-balik, cukup sekali tuang adonan di Teflon hingga muncul gelembung, lalu tuang di piring datar.

Jika adonan terlalu kental, kulit lumpianya tebal, bisa ditambahkan sedikit air.

Jangan sampai keenceran juga, kulit yang terlalu tipis mudah robek, dipraktekkan aja pasti tahu tebal-tipisnya.

Aduk-aduk adonan kulit lumpia, setiap akan dimasukkan ke Teflon agar adonan tetap homogen, karena tepung bisa mengendap di bagian bawah wadah adonan jika tidak sering diaduk.

Kulit lumpia resep ini menurut saya sangat PAS, nggak mudah robek saat bungkus isian lumpianya. Patut dicoba ya. Jika kulit lumpia sudah jadi dan siap digunakan, yuk lanjut ke resep membuat isian lumpia sayuran. Selamat mencoba ya, semoga bermanfaat dan happy cooking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *