HOME
Home » Memasak - instagram @amy_housefp » Cara Membuat Kulit Gyouza dengan Cara Manual

Cara Membuat Kulit Gyouza dengan Cara Manual

Posted at November 30th, 2017 | Categorised in Memasak - instagram @amy_housefp

Makan gyouza di resto kok enak ya dimakan hangat-hangat, coba buat sendiri ah di rumah. Pertama kali tentu harus belajar cara membuat kulit gyouza. Tapi nggak punya alat gilingan untuk buat kulitnya? Tenang saja, saya juga belum punya alatnya kok, dengan cara manual bisa juga ternyata.

cara membuat gyouza untuk pemulaBelajar masaknya dimulai dari mana? Dari niat dulu. Gak ada gurunya gpp, sekarang ada Om Google membuat kita mencari resep masakan apa saja ada di internet, bahkan pilihan resepnya banyak banget, sampai bingung milihnya mau cobain resep yang mana.

Selain itu saya juga suka nonton channel korea, acara masaknya cukup seru, selain acaranya menghibur karena mereka mengundang artis korea dalam acara masak tersebut, bisa menambah ilmu di dapur juga. Contohnya beberapa menu saya coba praktekkan dari resep chef korea. Dan salah satunya resep kulit gyouza ini juga.

Kulit gyuoza bisa juga digunakan untuk kulit pangsit atau siomay untuk ukuran yang lebih besar. Simpel banget cara membuatnya, yuk mulai.

Bahan untuk membuat kulit gyouza :

200 gram Tepung terigu segitiga
Air hangat sekitar 150ml (maaf kemarin saya asal tuang aja kelupaan takar)
Secukupnya garam
Tepung kanji untuk bedak agar kulit gyouza tidak saling menempel.

Cara Membuat kulit gyouza :

Campurkan tepung terigu dan garam. Aduk rata di sebuah mangkok besar.

Buat lubang di tengah tepung terigu, lalu tuang air hangat, aduk rata dengan sendok.

Jika terlihat terlalu encer, tambahkan tepung terigu. Uleni dengan tangan hingga bisa dibentuk bulat dan tidak terlalu lengket di mangkoknya.

cara membuat kulit gyoza dengan cara manual

Diamkan sekitar 10 menit dengan ditutup.

Selama menunggu bisa memproses isian gyouza, setelah 10 menit kita lanjutkan proses membuat kulit gyouza.

Taburi talenan/meja/tempat untuk menipiskan kulit gyouza dengan tepung terigu agar tidak lengket. Tuang adonan bulat dari mangkok tadi. Olesi terigu seperlunya hanya agar tidak lengket di tangan. Pisahkan dalam bagian-bagian kecil (nggak perlu diukurin besarnya, perkiraan saja kira-kira sebesar kulit gyouza nya).

bahan membuat kulit gyoza

Lalu tipiskan satu per satu bagian kecil tadi dengan roll spin (tongkat kayu), kalau gak punya pakai gelas aja seperti saya kemaren hahaha tidak ada rotan akar pun jadi. Jangan lupa selalu memberi seperlunya terigu jika lengket yah.

Buat satu per satu hingga selesai, jika ingin lebih rapih, buat kulit gyouza bundar dengan menggunakan mangkok kira-kira diameter 10 cm. Bagian yang terbuang bisa dikumpulkan dan ditipiskan lagi menjadi kulit gyouza berikutnya (bukan dibuang). Tapi saya diburu waktu kemaren, jadi nggak keburu cetakin pake mangkok, asal bundar aja hihi.

cara membuat gyoza
Supaya antar kulit gyouza tidak saling lengket, bedakin/olesin dengan tepung kanji secukupnya.

Kulit gyouza siap digunakan. Kemarin saya buat 200 gram terigu jadinya sekitar 15 biji, harusnya bisa jadi lebih banyak. Punya saya kurang maksimal karena gilingannya kurang tipis (karena ngga punya roll spin, pake gelas wkwkwk)

Selamat mencoba ya, semoga cara membuat kulit gyouza dengan cara manual dapat bermanfaat untuk semua, happy cooking.