Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengalaman Berlibur Naik Kapal Pesiar Star Cruise Gemini

Mengingat kembali pengalaman berlibur naik kapal pesiar star cruise Gemini yang sudah kami nikmati, rasanya sangat menyenangkan dan luar biasa. Kami berlibur bersama keluarga 10 orang, yang terdiri dari 7 dewasa + 2 anak + 1 bayi usia 1 tahun 3 bulan = 10 pax. Wisata kapal pesiar memang lebih seru dan asik jika berangkat banyak orang, karena jika hanya keluarga kecil (ayah, ibu dan anak), tampaknya sepi dan kurang seru … karena di dalam kapal kita tidak kenal siapa-siapa, kita turis kan disana LOL. Begitulah kira-kira gambarannya, lebih banyak orang perginya naik star cruise, pasti akan lebih rame, menyenangkan dan berkesan.

Saat hunting tiket kapal pesiar, kami beruntung mendapatkan harga tiket cruise promo Dirgahayu RI ke 70, dimana harga orang ke-2 sangat murah jika dibandingkan tanpa promo. Setelah membeli tiket cruise dari travel, kami mendapatkan Confirmation Slip (kita anggap seperti tiket kapal pesiar). Satu set confirmation slip terdiri dari 4 lembar, berisi nama-nama penumpang dalam satu kamar, jadwal keberangkatan, rute perjalanan dan ketentuan-ketentuan umum yang berlaku untuk cruise. Di dalam star cruise Gemini, kamar disebut Cabin. Jika membeli tiket cruise satu Cabin/kamar isinya dua orang, maka Anda akan menerima satu set comfirmation slip berisi dua nama penumpang. Demikian juga jika membeli tiket kapal pesiar satu Cabin berisi 4 orang, maka dalam confirmation slip akan tertera empat nama penumpang. Intinya 1 (satu) set Confirmation Slip = nama-nama penumpang dalam 1 (satu) Cabin/kamar.

tiket kapal pesiar

tiket star cruise

tiket star cruise gemini

confirmation slip kapal pesiar

Liburan kemarin kami berdelapan orang berangkat dari Banjarmasin-jakarta-Singapore. Lalu menginap satu malam di Harbour Ville Hotel, 512 Kampong Bahru Road. Sementara Kakak saya dan suami berangkat dari Solo langsung ke Singapore (enaknya ada pesawat langsung, jadi bisa lebih hemat nggak perlu bayar hotel di Singapura hehehe). Hotel ini dekat ke Harbour Front (Pelabuhan tempat kami naik kapal pesiar superstar Gemini), selain itu lokasinya strategis, dekat juga dengan China Town. Jadi pagi hari sebelum berangkat ke Harbour Front, kami sempatkan sarapan di China Town naik bis. Deket banget nggak sampai 10-15 menit kayaknya.

Sesampai di Harbour Front, kami janjian menunggu kakak saya dan suaminya dari Solo. Setelah bertemu, kami bersama-sama check-in, dengan menyerahkan confirmation slip dan bagasi diserahkan kepada petugas check-in (sangat tertib dan teratur – mirip dengan check-in pesawat terbang). Setelah bagasi/koper2 diambil semua oleh pihak star cruise Gemini, kami harus melapor kembali di lantai atasnya. Disana dicek passport dan confirmation slip, lalu kami mendapatkan Kartu sebesar kartu ATM, yang berfungsi sebagai id card dan kunci pintu kamar di kapal pesiar.

Pada kartu tersebut tertera : Nama Penumpang, Stateroom No. (nomor kamar/cabin), Cruise Date (tanggal kita berlayar dengan star cruise), Vessel (nama kapalnya – SUPERSTAR GEMINI). Jangan sampai hilang ya kartunya karena kartu ini sebagai kunci pintu kamar kita masing-masing di kapal pesiar nanti. Setiap penumpang mendapat satu kartu, bahkan bayi pun dapat.

kartu id selama wisata kapal pesiar

Saat masuk ke dalam kapal, passport kita ditahan oleh pihak star cruise, kita hanya menggunakan kartu tadi sebagai id card selama perjalanan wisata kapal pesiar.

Mengapa passport kita ditahan selama berlayar dengan kapal pesiar / Star Cruises?

Setiap perjalanan liburan dengan star cruise, kapal akan mendarat di beberapa negara (sesuai rute perjalanan). Disini kapal pesiar mengisi akomodasi mereka berupa bahan makanan ataupun bahan bakar. Penumpang diperbolehkan turun untuk berjalan-jalan (city tour) selama waktu tertentu. Kemarin misalnya kami mendarat di Penang sekitar 12 jam dan Langkawi sekitar 6 jam. Saat masuk ke negara lain, tentu saja memerlukan stempel ijin masuk ke negara tersebut (seperti visa, tapi karena negara tetangga bebas visa, passport hanya distempel saja). Jumlah penumpang dalam star cruise Gemini seribu orang lebih, bayangkan saja jika kita penumpangnya harus mengantri di bagian imigrasi untuk stempel passport, tentu habis waktu nya ngga sempat jalan-jalan di negeri tetangga dong yaaa hehehe … Nah itu sebabnya passport penumpang ditahan oleh pihak kapal pesiar, untuk memudahkan penumpang maupun pihak kapal pesiar ketika memintakan stempel ijin masuk negara lain, di setiap passport para penumpang (dimintakan stempel kolektif oleh pihak cruise). Alasan lainnya mungkin supaya penumpang nggak bisa kabur tanpa passport kali yaaa hahaha …

kenang-kenangan liburan naik star cruise gemini

Di pintu masuk star cruise, id card masing-masing penumpang dicek ulang di scan bunyi tiitt kayak di supermarket itu lho … lalu passport kita ditahan disitu juga. Setelah itu kami masuk kapal yang dingin, disambut foto boot dengan latar belakang kapal pesiarnya, boleh lah untuk kenang-kenangan hehehe. Setelah itu kami masuk ke cabin kami masing-masing. Lorong-lorong menuju kamarnya persis lorong di hotel dengan karpet tebal, bersih dan AC juga terasa sejuk. Di depan pintu kamar kami masing-masing sudah ada koper-koper yang kami masukkan bagasi di Harbour Front tadi, wah enak juga ya nggak perlu ribet angkut-angkut koper berat.

lorong kamar di kapal pesiar

Nyaman sekali kamarnya … saat itu kami memilih tipe kamar : Ocean View Stateroom with window. Ada sebuah jendela kotak besar tapi tidak dapat dibuka, hanya bisa memandangi lautan, tidur sambil melihat laut hehe. Kamar di kapal pesiar bahkan lebih nyaman daripada hotel yang kami nginap di Singapore wkwkwk, beneran lho … satu kamar isi 2 bed ukuran 100 cm, ada sofa dekat jendela, bisa nonton TV sambil menikmati laut dari jendela. Kamarnya juga bersih dan full karpet, ademmmm. Masuk kamar jadi pengen langsung istirahat, tapi keinget belum makan siang, jadi kami bersepuluh orang makan siang western food fine dining di Bella Vista Restaurant.

kamar yang nyaman di kapal pesiar

kamar tipe ocean view stateroom with window

Sambil makan siang, di awal perjalanan tersebut ada seorang awak kapal yang memperagakan petunjuk keselamatan penumpang, juga menunjukkan pintu keluar, jalur evakuasi, dll. Diperagakan dalam bahasa Inggris dan Mandarin.

Setelah kenyang makan siang, masuk kamar masing-masing sambil mempelajari star navigator. Untuk mengetahui ada acara apa saja selama di kapal pesiar, jangan lupa selalu mengikuti jadwal pada Star Navigator.

Begitulah selama 4 hari 3 malam kami menikmati semua fasilitas kapal pesiar dengan puassss dan happyyyy … mungkin karena pengalaman pertama kali buat saya kali yeee … tapi beneran kok nggak bohong bener-bener liburan istimewa. Liburan ini cocok untuk siapa saja, juga cocok untuk liburan orang tua di kursi roda, karena seperti jalan-jalan di mall yang dingin, semua pakai lift.

Dalam perjalanan kapal pesiar, selalu ada rute mendarat di negara lain. Dalam hal ini kita diberi pilihan tour optional oleh pihak star cruise. City tour ini ditawarkan kepada semua penumpang, berupa lembaran kertas yang diletakkan di dalam kamar kita bersamaan dengan star navigator. Ada plus minusnya dengan city tour dari pihak star cruises ini :

Kelebihan nya jika kita mengikuti tour yang ditawarkan oleh superstar cruises :

1. Waktu yang disediakan untuk city tour dapat digunakan lebih maksimal daripada kita pergi tour sendiri (nggak banyak waktu terbuang), bisa menikmati banyak tempat wisata,
2. Nggak mungkin ditinggal kapal pesiar hahaha jangan sampai deh terdampar di negeri orang tanpa passport pula … karena pihak cruise yang mengadakan tur, peserta tur nya nggak mungkin ketinggalan cruise nya dong

optional tour ke Penang dari star cruise gemini

kapal pesiar menawarkan tur ke penang

Namun kekurangannya Cuma satu, yaitu MAHAL. Maksudnya lebih mahal daripada kita pergi city tour sendiri.

Setelah berunding dengan keluarga, kami sepakat memilih tour sendiri, mau santai saja karena membawa orang tua naik wheelchair dan juga adik saya membawa bayi, kami tidak ingin terburu-buru dalam perjalanan. Tempat mendarat yang kami kunjungi kemarin adalah Penang dan Langkawi. Seneng juga bisa jalan-jalan di darat, biar nggak bosan juga di kapal terus hehe …

Malam terakhir di kapal pesiar, diisi dengan Gala Dinner yang diadakan oleh pihak cruise. Semua penumpang yang hendak menghadiri gala dinner wajib menggunakan pakaian resmi, seperti : dress/jas/pakaian berkrah/pakaian rapi dan sopan (disarankan memakai sepatu). Tidak boleh memakai sandal jepit atau celana pendek, kemarin ada orang yang nekad masuk ruang gala dinner dengan celana pendek, ditolak beneran oleh petugasnya. Sebaiknya membawa 1 (satu) stel pakaian resmi jika ingin menghadiri gala dinner di star cruise, untuk kita orang Indonesia pakai baju batik ajalah hehe … Cintailah produk-produk dalam negeri kita. Saat Gala Dinner ada beberapa orang korea yang memakai baju khas korea, Hanbok. Karena mereka bangga akan segala sesuatu yang berasal dari negaranya, termasuk pakaian tradisionalnya. Kita juga jangan kalah dong sama mereka :)

Oh ya sebelum menuju Restauran untuk gala dinner, diadakan acara pesta cocktail di Stardust Lounge, penumpang boleh bersantai, minum-minum jus atau wine, berdansa ceria, dan berfoto dengan Kapten kapalnya (bayar kalau mau ambil fotonya hehehe) dan nggak diijinkan membawa kamera sendiri. Cocktail party berlangsung sekitar 1 jam saja, setelah berdansa dan minum-minum, acara puncak cocktail party diisi dengan memperkenalkan seluruh kru Kapal pesiar superstar Gemini. Mulai dari Kapten kapal, Kepala Koki, Kepala bagian Mesin, Kepala bagian Administrasi, dll. Setelah pesta cocktail selesai, dilanjutkan gala dinner.

acara pesta cocktail di kapal pesiar gemini

suasana cocktail party di star cruise gemini

Restauran untuk gala dinner diberikan 2 pilihan : Mariners atau Bella Vista, dengan menu makanan yang sama. Dan sebelumnya, jika ingin mengikuti gala dinner maka penumpang wajib mendaftarkan diri lebih dulu di salah satu restaurant yang disediakan. Artinya untuk yang lupa mendaftar tidak bisa dadakan mengikuti gala dinner. Kami sekeluarga memilih Bella Vista Restauran. Menu Gala dinner adalah fine dining western food.

gala dinner di kapal pesiar

Jika ada yang berulang tahun selama berlayar dengan Star Cruise, pihak star cruise Gemini akan mengirimkan kupon birthday cake ke kamar mereka, sehari sebelum gala dinner. Nah pada acara gala dinner, selain acara utamanya adalah makan, ada acara dimana semua pelayan restaurant maju menari diatas panggung, lucu dan asik juga acaranya. Setelah menari, mereka memakai topeng, membawa frame foto yang tengahnya bolong (bingkai saja), kue ulang tahun, topi pesta, dll semua birthday party aksesoris. Lalu mereka menyanyikan lagu happy birthday dan mendatangi para penumpang yang berulang tahun saat berlayar dengan starcruise Gemini. Seru juga hehehe … pesta kejutan untuk yang merayakan ulang tahun. Kue ulang tahunnya sangat kecil dan imut imut wkwkwkwk diameternya 5 cm aja dihias di piring, cantik tapi tiny winy bity hahaha … positif thinking ajalah walaupun kue nya imut tapi itu sebagai simbol saja dan sebagai bentuk perhatian dari Kapal Pesiar Gemini kepada para penumpang yang berulang tahun.

Besoknya kapal pesiar mendarat kembali di Harbour Front Singapura. Seru juga lho Pengalaman Berlibur Naik Kapal Pesiar Star Cruise Gemini, walaupun ukuran kapal pesiar termasuk kecil, tapi mewah dan nyaman juga untuk berlibur. Bahkan kakak saya bercerita, kamar di star cruise Gemini lebih besar dan ukuran bed nya lebih lebar daripada Kapal Royal Carribean saat dia berlayar 15 hari di Alaska. Saya juga sempat browsing ada ukuran bed yang hanya 80 cm, sempit amat yah mau balik badan agak susah hehehe … kalau Gemini nyaman banget, Thank You & Praise the Lord buat kesempatan berlibur bersama keluargaku tercinta, terutama sebagai usaha kami sebagai anak untuk menyenangkan orang tua kami yang semakin rapuh termakan usia. Semoga pengalaman ini berguna buat teman-teman yang ingin mencoba wisata kapal pesiar.

Comments

  1. Reply

  2. By Marsha

    Reply

    • Reply

  3. Reply

  4. By Stevanus

    Reply

    • Reply

  5. By Lydia

    Reply

    • Reply

  6. By Indah

    Reply

    • Reply

  7. By Arie aviyanty

    Reply

    • Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *