Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Beberapa Tips Memilih Paket Tour Star Cruises – Merencanakan Liburan Kapal Pesiar

Panduan Memilih Tour Kapal Pesiar Star Cruise

Jika Anda sedang merencanakan berlibur dengan kapal pesiar, jangan lupa membaca Beberapa Tips Memilih Paket Tour Star Cruises, agar liburan yang diinginkan sesuai dengan harapan. Awalnya saya juga bingung saat membaca tabel harga yang diberikan oleh travel agent, semoga dengan beberapa panduan naik kapal pesiar berikut dapat membantu Anda yang baru pertama kali merencanakan liburan dengan Star Cruise :

1. Tentukan paket berapa hari yang Anda inginkan. Ada beberapa pilihan yang ditawarkan oleh travel agent, mulai dari 2D/1N, 3D/2N, 4D/3N, sampai 8D/7N. (D = day/berapa hari, N = night/berapa malam menginap). Saran saya untuk Anda yang baru pertama kali melakukan wisata kapal pesiar, sebaiknya jangan terlalu pendek jumlah hari yang dipilih karena belum sempat Anda menikmati semua fasilitas di dalam cruise namun sudah harus pulang. Juga jangan memilih paket yang terlalu panjang, karena ada beberapa orang yang merasa bosan jika terlalu lama mengikuti paket tur kapal pesiar. Saudara saya pernah naik Royal Carribean jurusan Alaska selama 15 hari, dia mengatakan walau awalnya sangat excited, kalau kelamaan akhirnya bosan juga. Kemarin saya memilih tur kapal pesiar selama 4D/3N sangat pas dan menyenangkan sekali.

2. Pilih rute yang diinginkan. Setelah memilih berapa hari yang Anda inginkan, biasanya ada 2-3 macam rute yang akan dilalui cruise. Misal seperti saya kemarin, 4D/3N ada 2 macam pilihan rute perjalanan : Singapura – Penang – Langkawi – Singapura, ada juga : Singapura – Portklang – Langkawi – Singapura. Anda bisa memilih mau rute yang mana.

3. Pilih Kelas Kamar yang diinginkan, dan 1 kamar mau dihuni berapa orang (dihitung per orang, ini berhubungan dengan harga tiketnya). Ada kamar yang bisa untuk 4 orang, ada yg 2 orang, tentu saja harga tiket orang ke-3 dan ke-4 biasanya lebih murah daripada harga tiket orang pertama dan kedua. Semakin bagus kamar yang dipilih, maka akan semakin luas ruangannya, makin mahal, dan fasilitas free semakin banyak (seperti gym & fitness hanya gratis untuk penghuni kamar Balcony di Superstar Gemini cruise, dll). Untuk kelas kamar yang ada balkon lebih mahal, Anda bisa menikmati angin laut dari kamar. Namun perlu diketahui, semua jenis kamar di dalam cruise sangat nyaman dan bersih, semuanya ada kamar mandi dalam, hanya ukuran kamar dan ukuran bed lebih kecil, dan tidak ada jendela untuk melihat laut. Tapi jangan kuatir, jika ingin menikmati laut bisa naik ke lantai kapal paling atas (deck paling atas). Pilihan ditangan Anda tentunya.

4. Perhatikan tanggal dan waktu keberangkatan. Kapal pesiar tidak berangkat setiap hari, Anda harus memperhatikan tanggal dan jam berapa yang paling cocok untuk Anda dan keluarga karena harus mengatur jadwal cuti kerja dan juga cuti sekolah untuk anak-anak. Siapa tau waktu pemberangkatan kapal pesiar bisa pas, setelah mendarat di bandara Cangi Anda bisa langsung naik kapal tanpa harus menginap di Singapura (lebih menghemat kan?)

5. Harga Tiket Cruise Murah. Jika ingin mendapatkan harga murah, yang bisa dilakukan adalah : hunting tiket kapal pesiar jauh-jauh hari, pesan pada travel agent minta infonya bila ada promo cruise. Waktu-waktu tertentu ada promo cruise yang sangat murah, seperti 4-to-go (paket tur ber empat), beli 1 tiket lalu dapatkan S $50 untuk orang kedua, discount hingga 50%, promo hari kemerdekaan RI (promo cruise berbeda-beda). Rencanakan jauh-jauh hari untuk bisa mendapatkan tiket cruise murah.

6. Untuk kapal pesiar yang berangkat dari Singapura, jangan lupa menyiapkan Singapura Dollar untuk uang saku, siapa tau Anda ingin shopping di dalam cruise, ada Duty Free juga lho di dalam kapalnya. Tapi kalau nggak sempat nyiapin dollar Singapura, jangan kuatir resepsionis juga berfungsi sebagai money changer. Untuk Star Cruise berangkat dari Harbour Front, sedangkan Royal Carribean berangkat dari Marina Bay.

7. Hati-hati ada makanan yang free dan Ada yang harus Bayar selama perjalanan di dalam kapal pesiar, demikian juga dengan minuman dan fasilitas lain. Biasanya yang harus bayar ada harganya pada menu makanan/minuman yang ditawarkan. Jangan malu untuk bertanya hehehe … malu bertanya sesat di kantong …

8. Jangan lupa membawa baju renang untuk Anda yang ingin berenang. Kapan lagi bisa berenang diatas kapal pesiar hehehe

9. Jangan lupa membawa Obat-obatan terutama yang memang rutin dikonsumsi, apalagi jika membawa orang tua. Di dalam kapal pesiar disediakan Medical Center, ada dokter yang standby, tapi biayanya lumayan mahal, kemarin saya sempat bertanya, untuk biaya dokter saja S$25 belum termasuk obatnya. Jika dikurskan Oktober 2015 sekitar Rp 250.000,- (saat itu 1 S$ = Rp 9.990) belum termasuk membayar harga obatnya.

Demikian beberapa tips memilih Paket Tour Star Cruises – Merencanakan Liburan Kapal Pesiar, semoga bermanfaat untuk Anda semua. Dari banyak review orang-orang yang sudah pernah naik star cruise, kebanyakan mereka mengatakan hal yang positif, nyaman, menyenangkan dan sangat menikmati semua fasilitas yang disediakan kapal pesiar.

Comments

  1. By Fitrie yan

    Reply

    • Reply

      • By Meyrin

        Reply

        • Reply

  2. By Hachi

    Reply

    • Reply

  3. By Nano

    Reply

    • Reply

      • By Nadia

        Reply

        • Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *